Rekap/Review Return Episode 18 : I Have A Bad Feeling About This

4

[Rekap/Review Return Episode 17]

 

Rekap/Review Return Episode 18

Kdramastory – Mayat Tn. Ahn diotopsi oleh Dr. Ko, dokter yang juga mengotopsi Mi Jung.

Walaupun kini Tn. Ahn seorang pemilik bar karaoke, Dr. Ko ternyata tahu bahwa dulunya Tn. Ahn seorang detektif. Tidak banyak yang dijelaskan Dr. Ko. Ia hanya mengaku mengenal Tn. Ko selintas dulu .

Seperti halnya Mi Jung, di tubuh Tn. Ahn juga ada tulisan angka romawi. XI yang artinya angka 11. Teringat dengan angka di dadu, Dokgo menyadari bahwa angka tersebut bukan angka 1, 1, tetapi angka 11.

Sementara itu, diperoleh informasi bahwa terakhir kali Tn. Ahn terlihat 2 hari lalu. Menurut pengakuan salah satu karyawan bar Tn. Ahn, ia memanggilkan taksi untuk Tn. Ahn.

Credit : SBS

Dokgo tidak mendapatkan banyak informasi dari Tae Suk. Masalah pemerasan 2 juta dolar, uang yang hanya 5000 dolar saja dan sisanya hanya berupa kertas di dalam koper, Tae Suk mengaku Byung Gi memang memerasnya dengan mengancam akan membeberkan informasi saham perusahaannya.

Tae Suk juga tidak berkomentar saat Dokgo menyinggung soal permohonan izin memakai senapan berburunya di kantor polisi Gapyeong mulai tanggal 22 Januari dan baru ditarik tanggal 24 Januari.

Credit : SBS
Credit : SBS

Setelah diinterogasi Dokgo, Tae Suk langsung menelpon Hak Beom, memberitahukan bahwa dirinya sudah masuk perangkap Ja Hye. Tae Suk menceritakan soal kecurigaannya kalau Ja Hye mengetahui tentang kematian Kim Byung Gi.

Tae Suk yakin Ja Hye punya tujuan lain yang belum ia ketahui. Karena jika Ja Hye hanya menginginkan uang, maka Ja Hye akan pergi setelah menerima uang darinya. Tapi kenyataannya, Ja Hye malah membuatnya menjadi pembunuh.

Karena Hak beom tidak mengerti maksud Tae Suk, Tae Suk pun menceritakan tentang Detektif Ahn yang mati. Ia menyuruh Hak Beom mencari tahu tentang Ja Hye.

Credit : SBS

Dokgo terpaksa membebaskan Jung Soo karena tidak memiliki bukti kuat, meskipun begitu dia masih memiliki begitu banyak keraguan. Pun dengan kematian Tn. Ahn. Sayangnya, karena Jung Soo berada di kantor polisi, Jung Soo punya alibi kuat.

Credit : SBS
Credit : SBS

Yang menarik, setelah Dokgo pergi, dengan jelas Jung Soo dan Dong Bae saling bertukar pandang. Jung Soo malah sempat tersenyum sedikit.

 

Credit : SBS
Credit : SBS

Begitu pun ketika Dokgo dan Dong Bae mengantarnya sampai ke koridor. Jung Soo sekali lagi melihat pada Dong Bae.

Credit : SBS
Credit : SBS

Yang menarik lagi, ketika di lobby, Jung Soo berpapasan dengan Ja Hye. Mereka jelas saling bertukar pandang tapi tidak berkata sepatah kata pun.

Adapun tujuan Ja Hye ke kantor polisi adalah untuk menemui Tae Suk. Tae Suk yang memintanya datang. Ja Hye sangat tahu tujuan Tae Suk memanggilnya bukan untuk konsultasi hukum.

Tae Suk menanyakan alasan Ja Hye membuatnya pergi ke tempat itu. Berapa banyak yang Ja Hye ketahui.

Credit : SBS
Credit : SBS

Tapi, tentu saja Ja Hye tidak mau cerita. Dia malah menantang Tae Suk bicara pada polisi karena tahu Tae Suk pasti tidak bisa melakukannya. Sebelum pergi, Ja Hye mengatakan Byung Gi memintanya menyampaikan pesan pada Tae Suk. “Byung Gi meminta, memohon anda menemukannya…”.

Tae Suk tiba bisa berkata apa-apa. Hanya bisa menahan marah.

Credit : SBS

Di koridor, Ja Hye bertemu Dokgo yang heran melihat penampilannya yang terlihat begitu berbeda. Ja Hye langsung emosi begitu Dokgo ingin tahu alasannya menemui Tae Suk. Dokgo juga sempat menanyakan apakah ia ke Incheon baru-baru ini.

Ja Hye mengaku tidak. Dan tanpa Dokgo tahu, sebelum menjawab, Ja Hye sebenarnya sempat tersenyum, seolah memang menunggu pertanyaan itu dari Dokgo.

Credit : SBS

Setelah itu, Dokgo juga menanyakan pertanyaan yang sama pada Tae Suk. Apakah Ja Hye ada di lokasi, apakah Ja Hye ada kaitannya.

Sepertinya, Tae Suk juga tidak menceritakan yang sebenarnya terjadi.

Credit : SBS
Credit : SBS

Sementara itu, Na Ra menemukan USB berbentuk mobil yang dibawa oleh Dal Rae. Awalnya Na Ra tidak curiga tapi karena USB itu disimpan di tempat yang tidak umum, Na Ra pun melihat isinya.

Na Ra tentu saja syok. Sekarang Na Ra baru menyadari bahwa ketiga sahabat In Ho sebenarnya tahu apa yang terjadi bahkan terlibat dalam kematian Mi Jung.

Credit : SBS

Dong Bae membawakan satu berkas persidangan kasus Kim Soo Hyun karena Dokgo memintanya mencari tahu. Dari situlah, Dokgo dan timnya tahu bahwa Choi Ja Hye menjadi anggota hakim dalam sidang Kim Soo Hyun.

Credit : SBS
Credit : SBS
Credit : SBS

Dalam flashback, terlihat bahwa Ja Hye begitu marah mendengar keputusan hakim yang membebaskan Hak Beom dan Joon Hee karena tidak terbukti bersalah. Waktu itu, Dokgo juga ada di ruang sidang.

Credit : SBS

Sementara itu, Ja Hye sedang berada di rumahnya. Sangat jelas terlihat, di punggung Ja Hye terdapat bekas luka bakar yang besar.

Credit : SBS
Credit : SBS

Saat makan malam, entah apa alasannya, Ja Hye hanya makan dengan nasi putih yang dicampur mentega dan kecap asin saja (atau mungkin semacam soy sauce, ya?).

Ja Hye makan sambil menangis karena teringat seorang gadis kecil… Dalam flashback terlihat gadis kecil itu melompat-lompat riang sambil membawa boneka. Dan sy baru sadar boneka yang dipegang gadis itu adalah boneka yang disimpan di makam Jung So Mi, makam yang dikunjungi Ja Hye di episode 17.

Credit : SBS
Credit : SBS

Karena Dokgo memintanya bertemu di kantornya , setelah makan malam Ja Hye pun ke sana. Dokgo ingin memastikan apakah Ja Hye mengenal Kim Jung Soo.

Karena Dokgo menyinggung tentang sidang Kim Soo Hyun, Ja Hye pun mengaku mengenal Jung Soo. Sidang Kim Soo Hyun adalah sidang pertamanya. Ja Hye mengaku berhenti menjadi hakim karena tidak puas dengan keputusan sidang itu.

Saat ditanya kenapa tidak cerita, Ja Hye beralasan karena Dokgo tidak bertanya. Dokgo tertawa kesal mendengar jawaban Ja Hye. Dokgo kemudian menceritakan tentang kematian Tn. Ahn yang menurutnya mirip dengan kematian Mi Jung.

Dokgo mengkhawatirkan bahwa kasus yang sedang diselidikinya berkaitan dengan kasus Kim Soo Hyun 10 tahun lalu. Jika ada 4 botol rocuronium, maka yang tersisa 2 botol lagi. Dokgo mencemaskan sisa rocuronium itu akan dipakai untuk orang yang berkaitan dengan kasus 10 tahun lalu.

Namun, menurut Ja Hye akan lebih masuk akan jika target adalah Hak Beom, Joon Hee, Tae Suk dan In Ho. Terlebih lagi botol yang dicuri berjumlah 4 orang.

Dokgo pun sebenarnya berpikir demikan. Namun yang terjadi membuatnya tidak mengerti.

Ja Hye tidak berkomentar apa-apa lagi.

Sebelum berpisah, Dokgo berniat menanyakan lagi soal Ja Hye yang ada di Incehon. Tapi ia mengurungkan niatnya.

Rekap/Review Return Episode 18

Credit : SBS
Credit : SBS

Dr. Ko yang sudah mendapatkan hasil otopsi, langsung mengabari Dokgo. Sesuai dugaan awal mereka, hasilnya sama seperti Mi Jung. Terdapat rocuronium dan ada cairan di dalam paru-paru karena tenggelam. Yang membedakan adalah cairan dalam paru-paru Tn. Ahn adalah air laut. Jika ada satu lagi kematian yang sama, maka sudah bisa disebut sebagai pembunuhan berantai.

Dr. Ko memiliki kecurigaan kalau Mi Jung, In Ho, Tae Suk, Joon Hee dan Hak Beom mungkin mengenal sejak 19 tahun lalu. Karena Dokgo hanya tahu mereka kenal sejak 10 tahun lalu, Dr. Ko pun meminta Dokgo memastikannya.

Setelah menelpon Dokgo, terlihat post it yang menempel di dinding dengan tulisan ’99, 11′.

Sementara itu, Hak Beom yang sedang di penthouse mulai ketakutan setelah menerima pesan dari Byung Gi. Byung Gi mengajaknya bertemu.

Tidak punya pilihan lain, Hak Beom terpaksa kembali ke rumah peristirahatannya untuk mengecek apakah mayat Byung Gi masih ada di sana. Sendirian ia terpaksa menggali kuburan Byung Gi.

Credit : SBS
Credit : SBS
Credit : SBS

Sampai akhirnya tiba-tiba sebuah mobil datang. Dan yang keluar adalah…

IN HO!

Bersambung…

 

Komentar :

Dari episode ini, mulai keliatan jelas Jung Soo, Dong Bae dan Ja Hye punya kaitan. Ja Hye adalah anggota hakim di sidang adiknya Jung Soo dan pastinya sangat tahu kasus yang terjadi pada adiknya Jung Soo. Ingat waktu In Ho baru-baru ditahan, Dokgo pernah menyinggung kasus 10 tahun lalu yang melibatkan In Ho dan ketiga sahabatnya itu. Waktu itu sama sekali ga keliatan Ja Hye tahu kasus itu. Yang terlihat hanyalah Ja Hye yang ingin membuktikan In Ho tidak bersalah.

Dari drama ini, kita belajar sesuatu yang baru dalam plot drama korea. Biasanya lead role selalu saja baik atau kalau dalam genre romance, pasti dapatin orang yang dia sukai. Tapi kenyataannya ga selalu begitu. Ada plot yang anti mainstream

Kalau dalam drama romance, contohnya drama Reply 1988. Kita berpikir Jung Hwan adalah lead male. Seharusnya Jung Hwan mendapatkan Deok Sun. Tapi kenyataannya, endingnya tidak seperti itu.

Pun sama di drama The King Love. Kita berpikir Wang Won sebagai lead male akan mendapatkan Eun San, gadis yang dicintainya. Tapi ternyata di ending, Eun San bersama Wang Rin.

Bedanya The King Love dengan Reply 1988, kita melihat proses bagaimana Eun San yang sebenarnya memang mencintai Wang Rin.

Nah, kalau di drama ‘Return’, beda lagi. Lead role, dalam hal ini lead female, yang awalnya kita pikir seorang pengacara yang baik, ternyata bukan pengacara yang baik. Bahkan mungkin adalah orang yang merencanakan sebuah pembalasan dendam terhadap In Ho, Tae Suk, Joon Hee, dan Hak Beom beserta orang-orang yang membantu mereka.

Mungkin karena alasan inilah Go Hyun Jung meninggalkan drama ini.

Sy merasa, sepintas secara fisik Park Jin Hee mirip dengan GHJ. Mungkin karena lagi hamil, badannya jadi elebih berisi. Berbeda sewaktu di drama Oh My Geum, PJH langsing banged…

Setelah episode 17 dan 18 tayang, banyak netizen berkomentar pedas karena PJH berusaha meniru gaya bicara GHJ. Sependapat dengan netizen, memang terdengar agak ‘annoying’, sih.

Tapi sepertinya tim produksi membaca komentar netizen. Di episode selanjutnya, PJH tidak seperti itu lagi. PJH berakting lebih natural dan menjadi diri sendiri. Jadi, kita tinggalkan saja kehebohan di minggu-minggu, lupakan kecanggungan PJH di awal-awal dia bergabung dalam drama ini karena episode selanjutnya (paling tidak episode 19 & 20 ya karena sy udah nonton), drama ini lebih baik…

[Rekap/Review Return Episode 19]

4 Comments
  1. Novi says

    Makin kesini makin banyak misterinya…. Klo ga d dampingi baca rekapan d sini, sy mah blm tentu ngerti 😂. Ternyata oh ternyata semuanya berawal dr thn 1999. Awalnya kaya I know what you did last summer. Makasih ya mba…. Janhan patah semangat buat ngelanjutin rekapannya

    1. kdramastory says

      Iya… awalnya kita pikir hanya nyari siapa pelakunya. Ternyata ada kisah lain di balik kasus yang sebenarnya. Awalnya kita pikir kasus 10 tahun lalu, eh ternyata kasus 19 tahun lalu…

  2. dian says

    Berasa muncul karakter baru. Bukan choi ja hye. Karakternya beda banget. Dari wanita karir hebat. Jadi ahjumma yg bales dendam anaknya. Dari umur 30an jdi 40an. Awalnya cocok sama dokgo skrang jdi kayak nuna nuna. Dari model baju, riasan sama sikap, seperti benar2 karakter baru.

    1. kdramastory says

      Setuju. Keliatan agak tua mungkin krn riasan ya… Choi Ja Hye sekarang make upnya tebel… beda sama yg dulu…

Leave A Reply

Your email address will not be published.