Review Criminal Minds Episode 1 & Episode 2

2

Kdramastory – Review Criminal Minds Episode 1 & Episode 2

Di minggu terakhir bulan Juli ini, tvN ikut meramaikan tayangan drama Rabu-Kamis dengan menayangkan drama terbaru, Criminal Minds. Criminal Mind merupakan drama pertama tvN Rabu-Kamis setelah lima tahun vakum setelah ‘The 3rd Hospital‘ yang tayang tahun 2012. Direncanakan drama ini akan tayang 20 episode mulai 26 Juli 2017, setiap Rabu dan Kamis, pukul 22 : 50 KST.

Sudah sejak beberapa bulan lalu, gaung drama ini terdengar. Diadaptasi dari serial terkenal berjudul sama yang tayang di Amerika, ditambah dengan daftar pemain yang bagus dan tim produksi yang berpengalaman memproduksi drama-drama bergenre kriminal, pastinya banyak penggemar drama korea yang menunggu dan memiliki ekspektasi tinggi terhadap drama ini.

Buktinya, tayangan perdananya memecahkan rekor rating tertinggi dari delapan drama yang ditayangkan oleg tvN tahun 2017. Bahkan, masih lebih tinggi dibandingkan drama-drama yang tayang di semua tv berbayar, yang rekornya dipegang oleh ‘Man To Man’ 4.055% dan ‘Strong Woman Do Bong Soon’ 3.839 % di tayangan perdananya.

Walaupun kemudian, terdapat penurunan rating di episode keduanya. Well, masih panjang perjalanan drama ini. Kita lihat saja perkembangan story-nya.

Untuk yang belum nonton atau masih menimbang, berikut sedikit review dari Kdramastory.

Disclaimer : Review ini hanya opini dari sudut pandang pribadi sy saja, ya. Tujuannya hanya untuk membantu memberikan gambaran plot cerita episode awal dari drama ini. Postingan ini bisa sebagai pertimbangan teman-teman sebelum memutuskan untuk menonton. Smoga bisa sedikit membantu, ya…

Review Criminal Minds Episode 1 & Episode 2

PEMERAN UTAMA :

Credit : Soompi Forum

Kim Hyun Joon diperankan oleh Lee Joon Gi. Awalnya bekerja sebagai anggota SWAT tim EOD yang merupakan agen lapangan terbaik. Karena insiden bom yang menewaskan rekannya, Hyun Joon pindah menjadi anggota polisi bertugas sebagai penyidik.

Sebagai lulusan akademi elit, Hyun Joon juga memiliki kemampuan profiling yang kemudian membawanya bergabung dengan NCI (National Criminal Investigation) dalam Tim Analisa Perilaku. Hyun Joon bertugas memberi profiling dari sisi pelaku kejahatan.

Hyun Joon mengalami trauma karena cinta pertamanya dibunuh dengan brutal. Bahkan setelah bekerja sebagai polisi, trauma itu masih sering menghantuinya. Dalam penyelidikannya, sebuah kebenaran mengejutkan bersamaan dengan jejak si pembunuh berantai, perlahan terkuak membuat Hyun Joong mengalami kebingungan yang mendalam.

Credit : Soompi Forum

Kang Ki Hyung diperankan oleh Son Hyun Joo. Seorang top profiler yang bertanggung jawab dalam insiden bom yang menewaskan banyak anggota tim EDO termasuk rekan Hyun Joon. Ia adalah Team Leader dari Tim Analisa Perilaku.

Kesalahan tersebut membuatnya mundur dari NCI, sampai akhirnya ketika kasus penculikan dan pembunuhan berantai terjadi, Tim Manager Kang kembali ke posnya.

Tim Manager Kang memiliki kepribadian yang kaku tapi sebenarnya ia seorang penyayang. Ia sangat mencintai keluarganya. Tim Manager Kang harus menghadapi krisis terbesar dalam hidupnya ketika seorang pembunuh berantai yang sedang dikejarnya, mengancam keselamatan keluarganya.

Credit : Soompi Forum

Ha Sun Woo diperankan oleh Moon Chae Won. Anggota Tim Analisa Perilaku yang bertugas sebagai Analis Perilaku yang melakukan profiling dari sisi korban.

Walaupun memiliki seorang ayah berpengaruh yang memiliki sebuah firma hukum ternama, Sun Woo menyembunyikan kenyataan itu dari semua orang.

Bersama-sama dengan Hyun Joon, Sun Woo menyelidiki kasus pembunuhan seorang anak perempuan. Dan Sun Woo menemukan fakta yang mengejutkan. Ayahnya ternyata memiliki kaitan dengan kasus tersebut.

Credit : Soompi Forum

Na Na Hwang diperankan oleh Yoo Sun. Merupakan agen terbaik jika menyangkut komputer dan informasi teknologi. Memiliki kepribadian menyenangkan dan kadang seperti ibu bagi anggota tim lainnya.

Credit : Soompi Forum

Yoo Min Young diperankan oleh Lee Sun Bin. Bertugas sebagai mediator antara agen dan media.

Credit : Soompi Forum

Lee Han diperankan oleh Go Yoon. Merupakan agen termuda dalam Tim Analisa Perilaku. Secara sosial, ia terlihat kaku tapi sangat jenius dalam menganalisa perilaku dengan IQ 187. Ia juga memiliki memory visual yang sempurna.

CHARACTER CHART :

Credit : Soompi Forum

Review Criminal Minds Episode 1 & Episode 2

PLOT CERITA EPISODE 1 & EPISODE 2

Pertemuan pertama Kim Hyun Joon (Lee Joon Gi) dengan Tim Manager Kang Ki Hyung (Son Hyun Joo) meninggalkan kesan tidak baik. Saat itu, Tim Manager Kang adalah penanggungjawab dalam profiling pelaku yang meletakkan bom di rs. Sayangnya, karena kesalahan profiling, bom itu bukannya berhenti aktif tapi malah meledak dan menewaskan anggota tim EOD yang salah satunya adalah rekan terdekat Hyun Joon.

Insiden itu membuat Hyun Joon bersikap apatis terhadap profiling walaupun tanpa sadar dalam tugasnya sebagai penyidik, Hyun Joon juga melakukan profiling.

Tidak hanya Hyun Joon yang terpengaruh akibat insiden tersebut, tapi Tim Manager Kang. Merasa bersalah dan terbebani dengan kesalahannya itu, Tim Manager Kang memutuskan mundur dari NCI.

Setahun kemudian, ketika kasus penculikan dan pembunuhan berantai terjadi, atas bujukan istrinya dan juga Ha Sun Woo (Moon Chae Won), Tim Manager Kang kembali bekerja di NCI.

Karena dalam kasus tersebut NCI harus bekerja sama dengan kepolisian, Tim Manager Kang kembali bertemu dengan Hyun Joon yang saat itu adalah seorang penyidik. Karena insiden bom itu, hubungan Tim Manager Kang tidak begitu baik dengan Hyun Joon. Hyun Joon masih menyalahkan Tim Manager Kang atas kematian rekannya.

Kebetulan, korban keenam si pelaku adalah adik dari rekan Hyun Joon yang sudah meninggal itu yang sudah dianggap seperti keluarga oleh Hyun Joon.

Mati-matian Hyun Joon mengejar pelakunya dibantu oleh Su Woo. Berkat profiling Tim NCI yang dipimpin oleh Tim Manager Kang, pelaku akhirnya bisa ditangkap.

Sejak saat itu, perlahan penilaian Hyun Joon terhadap keahlian profiling perlahan berubah. Terlebih ketika kemudian seorang petinggi kepolisian mengakui bahwa ia adalah orang terakhir yang memberi perintah dalam usaha menonaktifkan bom, bukan Tim Manager Kang.

Karena itulah, Hyun Joon menerima tawaran menjadi anggota tim khusus NCI. Alasan lainnya, Hyun Joon masih ingin menelusuri kasus pembunuhan gadis cinta pertamanya.

Review Criminal Minds Episode 1 & Episode 2

REVIEW CRIMINAL MINDS EPISODE 1 & EPISODE 2 :

Kesan pertama : KEREN!

Drama ini terlihat sekali dipersiapkan dengan baik. Efeknya bagus dan OST-nya juga cocok dengan atmosfer dramanya.

Mungkin karena diproduksi oleh tim yang berpengalaman dalam drama bergenre kriminal, penjabaran analisanya benar-benar rumit. Di titik-titik tertentu, sy harus mem-pause bahkan me-rerun lagi supaya memahami analisa si profiler.

Tapi, bagi yang mau ambil jalan pintasnya, ga usah terlalu mikirin analisa-nya. Cukup nikmati dramanya, yang penting ujung-ujungnya kita tahu siapa pelakunya… 😀

Ada hal menarik yang menjadi pembicaraan hangat setelah dua episode tayang, kemungkinan adanya cerita romantis antara Lee Joon Gi dan Moon Chae Woon.

Jika dalam serial aslinya tidak melibatkan romantisme, para pecinta drama Korea malah mulai mencium adanya romantisme antara Lee Joon Gi dan Moon Chae Won. Padahal, pernah dalam interviewnya, Lee Joon Gi dengan jelas mengatakan bahwa menurutnya tidak akan ada love line dengan Moon Chae Won. (Sumber : Allkpop)

 

Meskipun begitu, ada beberapa scene yang menunjukkan perhatian di antara mereka, seperti scene Lee Joon Gi mencabut kaca (?) yang melukai bahu Moon Che Woon, lalu Moon Chae Won datang menemui Lee Joon Gi untuk memberitahukan tentang tawaran bergabung dengan NCI.

Credit : tvN

Sepertinya, wajar saja sih sebagai rekan kerja, Lee Joon Gi membantu menarik kaca (?) yang menancap di bahu Moon Chae Won. Tapi entah kenapa scene itu kok jadi berkesan romantis, ya?

Credit : tvN

Lalu, sebagai calon rekan kerja, bisa saja kan Moon Chae Won mengantarkan sendiri formulir bergabung dengan NCI? Oiya, di situ, Lee Joon Gi sempat memberikan segelas kopi sebelum mereka bicara. Lagi-lagi entah kenapa scene ini memiliki makna yang lain…

Akankah scene romantis ini hanya berupa hint-hint tanpa memperlihatkan perkembangannya seperti di drama ‘Sign’ atau di ‘Ghost’? Ataukah tim produksi akan berbaik hati, paling tidak memberi kejelasan hubungan mereka seperti di ‘Tunnel’? Kita tunggu saja…

Sepertinya tim produksi drama korea ahli banged membuat scene yang sebenarnya hanya biasa saja tapi berkesan romantis. Contoh scene biasa tapi sangat berkesan romantis versi sy adalah scene sikat gigi Gong Hyo Jin dan Jang Hyuk di drama ‘Thank You’. Scene lainnya, sewaktu Jang Hyuk mencuci rambut Gong Hyo Jin di wastafel ketika Gong Hyo Jin dirawat di rs. Bener-bener romantis menurut sy… 🙂

Eh, tapi kok malah bahas drama lain ya. Well, back to the topic, dari segi plot, drama Criminal Minds tentu saja sangat menjanjikan. Sy penasaran dengan kasus cinta pertama Hyun Joon. Selain itu, Tim Manager Kang juga punya seorang pelaku pembunuhan berantai yang menjadi musuh bebuyutannya karena sangat lihai dalam menjalankan aksinya.

Kalau kamu penasaran, terus tunggu drama Criminal Minds setiap Rabu dan Kamis pukul 22.50 KST di tvN… Selamat menonton… 🙂

You might also like More from author

2 Comments

  1. Dahliia says

    Hehehehehe… tetapi drama ini banyak ‘drama’ di balik layarnya juga. PD Lee mundur, berarti sekarang yang megang cuman satu PD. Paahal sebelumnya, PD Lee juga gabungnya di pertengahan eh keluarnya paling awal.
    Denger2 PD Lee yang wakilin pihak Studio Dragon, berarti kalau dia mundur, Studio Dragon masih jadi tim produksi gak yaa?

    Aku kan orang awam di dunia editing gambar dan lalalalalala.. baca komen-komen orang, katanya editing drama ini terhitung ‘lebay’. Adegan penjinakan bom di awal episode itu banyak menuai kritikan. Aku sendiri enggak bisa komentar banyak ttg hal itu, karena menurutku sih oke-oke aja.

    1. kdramastory says

      Sy ga ngikutin perjalanan drama ini. Cuma pernah baca Lee Joon Gi mau main drama ini tapi selanjutnya ga pernah cari tau lagi… Sama kita. Sebagai orang awam, ga bisa komentar masalah editing ato kualitas drama. Selama suka ya ditonton… 😀

Leave A Reply

Your email address will not be published.