Review Doubtful Victory / Oh The Mysterious Episode 1 – Episode 4

7

Review Doubtful Victory / Oh The Mysterious Episode 1 – Episode 4

Kdramastory – Sekarang kita bahas drama korea Senin – Selasa SBS yang tayang bersamaan dengan Two Cops (27/11/2017).

Awal nonton, sempat dibuat bingung dengan alurnya. Pertama diperlihatkan Jong Sam yang dikejar dua pria, lalu tiba-tiba scene pindah ke penjara. Gimana ceritanya Jong Sam bisa ada di dua tempat yang ga ada hubungannya sama sekali?

Tapi, kebingungan itu ga berlarut-larut, kok. Ga perlu khawatir karena setelah nonton 4 episode, kita akan bisa menyusun puzzle ceritanya dan paham jalan cerita keseluruhannya.

Karena ceritanya lebih rumit dibandingkan Two Cops dan kalau semua diceritakan bakalan puannjanggg, jadi untuk singkatnya, sy akan bahas berdasarkan chart character relationship yang dikeluarkan oleh SBS, ya…

Disclaimer : Review ini hanya opini dari sudut pandang pribadi sy saja, ya. Tujuannya hanya untuk membantu memberikan gambaran plot cerita episode awal dari drama ini. Postingan ini bisa sebagai pertimbangan teman-teman sebelum memutuskan untuk menonton. Smoga bisa sedikit membantu, ya…

 

PLOT & REVIEW DOUBTFUL HISTORY/OH THE MYSTERIOUS EPISODE 1 – EPISODE 4 (SBS)

Credit : Soompi Forums

Karakter utama, yaitu Kim Jong Sam (Yoon Kyun Sang) dan Jin Jin Young (Jung Hye Sung) terhubung dengan garis merah dan diberi tanda hati.

Mereka sudah kenal sejak keduanya masih remaja. Belum tahu seberapa dekat hubungan mereka saat itu, tapi yang pasti Jong Sam menyukai Jin Jin Young dan mengenali Jin Young. Belum tahu apakah Jin Young juga menyukai Jong Sam atau tidak tapi yang pasti, setelah 12 tahun tidak pernah bertemu, Jin Young masih mengenali Jong Sam. Mereka kebetulan bertemu ketika Jong Sam tiba-tiba muncul di depan Jin Jin Young karena harus menyelamatkan Eun Bi (adiknya Ddakji).

Lalu hubungan Jong Sam dengan Ddakji/Geum Byeol (Jeon Sung Won) yang sudah seperti keluarga sendiri. Hubungan mereka jadi sangat dekat mungkin karena keduanya sama-sama tidak punya orang tua lagi. Jong Sam sendiri, sewaktu dia masih kecil, ibunya tewas tertabrak mobil saat menyeberang jalan. Saat itu hujan turun sangat deras. Kaos kaki putih ibunya yang perlahan berubah warna menjadi coklat karena terkena becek, begitu membekas dalam ingatannya.

Bersama Ddakji, Jong Sam sering mencuri tapi mereka selalu berhasil meloloskan diri dari kejaran polisi. Biasanya Jong Sam selalu menyuruh Ddakji kabur lebih dulu sementara dia mengalihkan perhatian polisi. Meskipun begitu, Jong Sam selalu berhasil kabur sampai suatu ketika dia tertangkap gara-gara perhitungan timingnya tidak tepat.

Dan penangkapan itu membawanya kenal dengan Detektif Kang Cheol Ki (Jang Hyun Sung) yang kemudian melihat potensi dalam diri Jong Sam dan menjadi mentornya. Atas permintaan Det. Kang, Jong Sam bekerja untuknya sebagai mata-mata dan menyamar. Sejak saat itu, Jong Sam tidak pernah mencuri lagi karena sudah mendapat bayaran dari pekerjaannya itu.

Berkat latihan dari Det. Kang, Jong Sam punya keahlian memperhatikan dan menganalisa hal-hal detail yang kemudian akan membantunya saat kabur dari penjara.

Berkat Det. Kang juga, Jong Sam mendapat kesempatan mengikuti ujian polisi dan lulus. Namun tepat di hari pengumuman, sebuah insiden yang mengubah hidupnya, terjadi.

Polisi mendatangi restoran. Credit : SBS
Jong Sam tertangkap di TKP. Credit : SBS

Jong Sam dan Ddakji dituduh telah membunuh dua orang. Sebagai pelaku utama, Jong Sam dihukum mati sedangkan Ddakji yang dituduh komplotan, dihukum 10 tahun penjara. Mereka ditempatkan dalam satu sel.

Lalu kemana Det. Kang yang seharusnya membantu Jong Sam?

Det. Kang menghilang di hari yang sama dengan penangkapan Jong Sam. Sampai 12 tahun kemudian, tidak ada kabar sama sekali mengenai Det. Kang.

Menurut sy, Jong Sam sampai dijebak seperti itu, ada hubungannya dengan sesuatu yang sedang diselidiki Det. Kang. Karena sebelumnya, Det. Kang sengaja menyuruh Jong Sam kerja part time di restoran itu sembari diam-diam mengamati dan memotret orang-orang tertentu yang datang ke sana.

Lalu apa kasusnya?

Masih misteri, tentunya. Dan sepertinya, Kepala Polisi Jang Pil Sung (Choi Won Young) yang saat itu masih detektif, ada kaitannya dengan penjebakan Jong Sam. Dan 12 tahun kemudian, Kepala Polisi Jang adalah kepala kantor tempat Jin Young bekerja.

Lalu bagaimana ceritanya Jong Sam bisa hidup sebagai Det. Oh Il Seung?

Semua itu berawal dari Ddakji.

Jong Sam dan Ddakji yang tinggal dalam satu sel yang sama. Credit : SBS

Dua hari sebelum bebas dari penjara, Ddakji mendapat surat dari adiknya yang bernama Cha Eun Bi (Kim Da Ye) dan menceritakannya pada Jong Sam. Eun Bi memang sering mengirimi Ddakji surat untuk menanyakan kabarnya.

Song Gil Choon yang penasaran dengan isi surat Eun Bi. Credit : SBS
Gil Choon diam-diam melihat foto Eun Bi dan meniru gaya fotonya. Credit : SBS
Eun Bi, adik Ddkaji. Credit : SBS

Salah seorang napi yang bernama Song Gil Choon (Yoon Na Moo), memiliki ketertarikan yang aneh pada Eun Bi. Tidak ada yang tahu apa yang dilakukan Gil Choon pada wanita tapi napi lain memanggilnya pemerkosa.

Di saat semua orang di sel tidur, Gil Choon diam-diam membuka lemari Ddakji dan melihat foto Eun Bi. Ya allaaaah, liat tampangnya aja udah mual…

Ddakji tentu saja khawatir karena Gil Choon mengetahui semua informasi tentang Eun Bi, mulai dari nomor ponsel sampai alamat rumah dan tempat kerja. Padahal, Gil Choon bebas sehari sebelum dirinya bebas, bagaimana dia bisa melindungi Eun Bi?

Demi Ddakji, Jong Sam mencari cara kabur dari penjara untuk mengingatkan Eun Bi. Jong Sam yang terlatih melihat hal-hal detail, mengetahui jalan keluar dari rekan satu selnya juga yang bernama Baek Kyung (Kim Dong Won).

Jong Sam baru kabur dari penjara. Credit : SBS
Dua pria suruhan Ketua Kook yang membawa mayat Det. Oh Il Seung. Credit : SBS

Singkat cerita, Jong Sam berhasil kabur dan tidak sengaja melihat dua pria yang membawa mayat dalam bagasi sebuah mobil. Karena ketahuan, mereka pun mengejar Jong Sam, terlebih karena Jong Sam membawa lari mobil yang berisi mayat. Nah, mayat itu adalah Detektif Oh Il Seung.

Jong Sam bertemu Jin Young. Credit : SBS
Jin Young kaget melihat Jong Sam. Credit : SBS

Dalam usahanya menyelamatkan Eun Bi yang ternyata sudah dibawa lebih dulu oleh Gil Choon, Jong Sam bertemu Jin Young. Jin Young kaget melihat Jong Sam tiba-tiba muncul di depannya, tapi Jong Sam memperkenalkan dirinya sebagai Det. Oh Il Seung.

Di tengah kejaran dua pria yang tadinya sy pikir polisi tapi ternyata mereka adalah suruhan seorang wanita yang mereka panggil ‘Ketua’, Jong Sam berhasil menyelamatkan Eun Bi. Tapi, pertemuannya dengan Jin Young, membuat Jin Young penasaran dan mencari tahu lebih jauh.

Pastinya Jin Young heran, melihat seseorang yang mirip Jong Sam tapi mengaku sebagai Det. Oh Il Seung.

Jong Sam harus kembali ke penjara sebelum waktu absen malam tiba. Dia membawa serta mayat Det. Oh bersamanya dan menyembunyikannya di suatu tempat sebelum kembali ke penjara.

Tn. Lee. Credit : SBS
Ketua Kook. Credit : SBS

Di sisi lain, karena dua pria suruhannya gagal mendapatkan Bong Sam dan mayat Det. Oh, atas perintah Tn. Lee Kwang Ho (Jun Gook Hwan), Ketua Kook (Yun Yoo Sun) memerintahkan untuk membunuh Jong Sam.

Keesokan harinya, hari bebasnya Ddakji, Jong Sam meminta Ddak Ji menelpon Jin Young untuk memberitahukan dimana mayat Det. Oh Il Seung. Sementara itu, Jong Sam membawa mayat Det. Oh Il Seung yang semalam disembunyikannya ke pinggir danau.

Sekembalinya ke dalam sel hukuman No. 1, ternyata Jong Sam sudah diikuti oleh seorang pria suruhan Ketua Kook.

Jin Young melihat identitas Det. Oh Il Seung. Credit : SBS
Identitas Polisi Det. Oh Il Seung. Credit : SBS
Data pribadi Det. Oh Il Seung yang kini fotonya berubah menjadi foto Jong Sam. Credit : SBS
Jong Sam yang baru sadar dari pingsan, bingung mendapati dirinya di tempat lain. Credit : SBS

Kemudian, ketika Jin Young dan timnya datang ke lokasi mayat Det. Oh, mereka malah kaget menemukan Det. Oh ternyata masih hidup.

Dan kita tahu, Det. Oh yang masih hidup itu adalah Jong Sam. Sedangkan Det. Oh yang asli dibakar di dalam sel hukuman No. 1.

Tidak hanya itu, seluruh identitas Jong Sam, mulai dari sidik jarinya, foto identitasnya berubah atas nama Oh Il Seung!!!

Review Doubtful Victory / Oh The Mysterious Episode 1 – Episode 4

Daebak!!! Dramanya seru bgd. Kalo disebutka drama ini bergenre ‘Trhriller, Crime”, triler-nya dapet bgd! Sepanjang nonton drama ini, deg-degan terus. Feel nonton drama ini persis sama seperti nonton ‘Defendant’. Moga aja sampe episode selanjutnya, tetap bikin sport jantung. 😀

Tiap kali nebak, pasti salah terus.

Kirain dua pria yang ngejar Jong Sam adalah polisi. Sy pikir Jong Sam dikejar karena kabur dari penjara.

Ternyata bukan, mereka itu suruhan Ketua Kook yang hendak membuat mayat Det. Oh. Det. Oh tidak sengaja tewas di tangan mereka karena Det. Oh memiliki sesuatu yang diinginkan Ketua Kook. Entahlah, mungkin juga sesuatu yang diinginkan Tn. Lee?

Sy pikir Ketua Kook itu posisinya paling tinggi, tapi lagi-lagi tebakan sy salah. Ketua Kook itu juga seorang bawahan yang langsung menerima perintah dari Tn. Lee.

Sy menebak, yang membuat Jong Sam masuk penjara dan Det. Kang menghilang, juga ada kaitannya dengan Tn. Lee.

Sebelum nonton drama ini, sy pikir Jong Sam yang sengaja mengubah identitasnya menjadi Detektif Oh Il Seung. Mungkin dengan menjadi orang lain, Jong Sam tidak harus menghadapi hukuman mati.

Tapi, ternyata Jong Sam dipaksa hidup sebagai Det. Oh. Entah apa yang menunggu Jong Sam setelah bebas dari penjara.

Ada kata-kata Jong Sam yang mengharukan. Sewaktu dia ditanya Ddakji kenapa kembali ke penjara padahal sudah ada di luar. Jong Sam bilang, dia tidak punya tempat tujuan dan tidak punya uang.

Yang lebih mengharukan lagi, saat bebas, Ddakji yang mendapatkan uang saku setelah 10 tahun dipenjara, malah memberikan seluruh uang itu untuk Jong Sam. Padahal uang itu harusnya dia pakai untuk memulai hidup di luar penjara. Semua uang itu diberikan untuk Jong Sam sedangkan dia hanya mengambil sedikit untuk ongkos bis saja.

Jong Sam dan Ddakji memang sudah seperti saudara. Rasa bersalah Jong Sam terhadap Ddakji sangat besar karena dirinya yang membuat Ddakji ikut masuk penjara. Malam itu, dia yang menyuruh Ddkaji ke restoran. Karena Ddakji tidak kembali juga, dia pun menyusul Ddakji ke restoran.

Karena itulah mereka berdua tertangkap di sana. Mungkin karena rasa bersalahnya juga , dia rela mempertaruhkan nyawa untuk menyelamatkan adik Ddakji.

Bayangkan, seorang narapidana hukuman mati berkeliaran di luar penjara. Salah-salah, kalau ketahuan dia bisa ditembak mati.

Lalu bagaimana dengan rating drama ini?

Di awal episode, rating drama ini tidak begitu baik, tapi di hari selasa di minggu kedua penayangannya (5/12/2017), drama ini menduduki peringkat pertama dengan perbedaan sangat tipis dengan Jugglers. (Sumber)

Aniwe, personally, jika dibandingkan dengan Two Cops, dari segi cerita sy lebih suka drama ini. Feel triller-nya dapet banged. Sedangkan Two Cops, ceritanya unik karena Dong Tak yang tegas dan jago beladiri, dirasuki jiwa Soo Chang yang berbeda 180 derajat.  Walaupun ga sampai bikin ketawa, tapi cukup bisa bikin senyum-senyum.

Tapi, sebenernya ga bisa dibandingkan, sih dua drama ini karena dari genre-nya aja sudah beda. Kembali ke soal selera aja. Sy sendiri belum memutuskan mana yang akan diikutin sampai tamat. Dua-duanya bagus, tapi selera sy lebih condong ke Doubtful Victory…

Selanjutnya, Review Jugglers…

7 Comments
  1. anonymous says

    sbs jago ya bikin drama kayak gini. kalo mbak dian sampe ngerasain yang sama waktu nonton defendant berarti emang menegangkan haha. seperti kata mbak tina, kesannya juga mirip tunnel 😛
    mbak dian persiapan banget nih bikin review ini… kerasa selalu bisa bikin ngerti pembacanya

    1. kdramastory says

      Ternyata kesan 4 episode awal ga sama dengan 4 episode minggu keduanya… Ga tau ni mau dilanjutin atau engga… 🙂

      Bisa dimengerti? Alhamdulillah… krn ini udh disingkat2 pisannn… 😀

  2. nurhasanah says

    Hehehe udah liat komentina….jadigatel pengen komen juga..
    Meski udah puasa 2 mingguan gk nonton drakor sama sekali….tapi baca reviewnya bak dian jadi semangat lagi deh buat nengok….makanya….selama apa juga,bakal ditungguin dh reviewnya sist…..apalagi anak2 sudah selesai uasnya….jdemboknya lumayan udah bisa nyantai dikjt…kecuali tina tuh, hahaha…..nazieb bu guru…..
    Kalo dari alurnya drama ini mirip2 tunnel yh mbak? Jadi jong sam nyamar, bukan krn maunya….tapi keadaan yg bikin gitu….dn nantinya akan nuntun dia sebenernya ke kebenaranx(opo mene?????)….
    Krn drama ini alur dn plotnya sepertinya menjanjikan….sepertinya saya juga akan ngikutin dulu…..meski belum donlot sama sekali,hihihi…..kalo dramanya jjs, sudah liat sampe ep2…dn pendapat saya juga kurang lebih kayak bak dian, gk bikin ngakak sih ….tapi kalo jjs yg maen mah….lumayan bikin senyum2 geje…stylenya itu loh….gk jaim bgt, dn aktingnya sama sekali gk diragukan…..daebak…..
    So…..selamatpilih pilih ajha buat yg laen….dn kamsahamnida jeongmal utk bak dian….sudah nyempatin mreview sesuai janji,chie……keep writing and fighting yh mbak……

    1. kdramastory says

      Mnrt sy ga sama kayak Tunnel krn Tunnel kan ada time travel. Klo ini engga sih… Rencananya mau bikin review drama ini lagi, tapi kl sempat. Krn kesan 4 episode awal, ga sama dengan 4 episode selanjutnya… 🙁

  3. Tina says

    Sy skip ini dulu ah..bnr2 so many drama so little time banget..Ngutip Dira sm mb Dian..haha
    Anak2 UAS kitanya koreksi hasil bikin raport..mareh nikmati sblm bnr2 menikmati libur.. smg libur nnti bs di sela2 nntn ini y..sy simpan dulu..
    Sbnrnya agk kepo sm Jung Hye Sung kan aku suka dia di Oh My Venus(mb Dian skip ini jd g tw kan y🤣)
    Tp nnti klo udh byk ep, seringnya terlewat g exited lagi😓..entahlah..haha..
    Listnya cm BK, TC, next Jugglers mb ditunggu..kangen Choi Daniel jg aku..
    Sm MGL sih..cm krn panjang jd ses4nya..

    1. kdramastory says

      Iya… aku ga nonton oh my venus… 😀

      Lupa juga ngasih tau dalam postingan, kalo drama tipe gini enaknya maraton. Nonton ongoing bikin penasaran makin akut.. 😀

      1. anonymous says

        bener banget enakan maraton. cepet kelar. tunnel sama defendant dulu kayak gitu saya hahahaha

Leave A Reply

Your email address will not be published.