Update Sinopsis Drama Korea Terbaru

Review Falsify Episode 1 – Episode 4

0

Kdramastory – Review Falsify Episode 1 – Episode 4

Minggu ini, drama korea terbaru berjudul ‘Flasify’ mulai ditayangkan setiap Senin dan Selasa di SBS, menggantikan drama ‘My Sassy Girl‘ yang tamat minggu lalu.

Sebenarnya, drama ini tidak masuk dalam radar karena Nam Goong Min berperan baik bukan favorit sy. Entah kenapa, menurut sy, dia tetap lebih cocok memerankan peran jahat. 😛

Tapi, karena penayangan perdananya saja sudah menembus rating double digit, sy jadi penasaran. Seberapa baguskah ceritanya? Seberapa seru sih? Kenapa di Korea sana drama ini populer? Apa karena faktor Nam Goong Min?

Karena sebelumnya, drama ‘Chief Kim‘ yang diperankan oleh Nam Goong Min juga memperoleh rating yang bagus. Kalah jauh dari saingan yang tayang di waktu yang sama.

Jadi, bagaimana sih ceritanya? Berikut reviewnya…

Disclaimer : Review ini hanya opini dari sudut pandang pribadi sy saja, ya. Tujuannya hanya untuk membantu memberikan gambaran plot cerita episode awal dari drama ini. Postingan ini bisa sebagai pertimbangan teman-teman sebelum memutuskan untuk menonton. Smoga bisa sedikit membantu, ya…

PEMERAN UTAMA :

Sy akan memperkenalkan karakter utamanya berdasarkan poster di featured image di atas, mulai dari kiri ke kanan.

Koo Tae Won diperankan oleh Moon Sung Geun. Koo Tae Won adalah direktur yang memimpin Daehan Newspaper. Dia lah orang yang mengatur berita yang diterbitkan oleh Daehan Newspaper. Dalam menjalankan rencananya, Dir. Koo dibantu oleh Pengacara Jo.

Belum dijelaskan seberapa besar kekuasaan Dir. Koo di Daehan Newspaper. Apakah dia hanya membawahi satu departemen saja ataukah memang pemimpin tertinggi. Namun yang pasti, sebuah berita baru diterbitkan setelah mendapat persetujuan darinya.

Han Moo Young diperankan oleh Nam Goong Min. Seorang jurnalis, mantan atlit judo, yang mencari pelaku pembunuh kakaknya, Han Chul Ho (diperankan oleh Oh Jung Se) yang juga seorang jurnalis.

Kwon So Ra diperankah oleh Uhm Ji Won. Seorang jaksa wanita yang tegas dan pintar. Ia merupakan lulusan dengan nilai tinggi namun sebuah insiden membuatnya harus dipindahkan dari Kantor Kejaksaan Seoul.

Lee Seok Min yang diperankan Yoo Joon Sang. Seorang jurnalis yang keras kepala dan sinis. Sebagai seorang jurnalis, ia cukup sukses dengan memimpin sebuah tim khusus yang dinamakan Splash Team. Namun karena suatu insiden, ia dipindahkan ke bagian Komite Sejarah di Daehan Newspaper dan tidak pernah lagi bisa bekerja meliput ke lapangan.

Oh Yoo Kyung diperankan oleh Jeon Hye Bin. Ia adalah fotografer yang bekerja di Splash Team. Ia sudah lama bekerja dengan Seok Min dan sepertinya hubungan mereka cukup baik.

CHARACTER CHART

Credit : SBS, Forum Soompi

Kdramastory – Review Falsify Episode 1 – Episode 4

PLOT CERITA FALSIFY EPISODE 1 & EPISODE 2

Lima tahun yang lalu, karir judo Moo Young harus berakhir karena sebuah artikel yang menuduhnya menggunakan narkoba.

Moo Young mencoba menempuh jalur hukum dan ada beberapa temannya bersedia memberi kesaksian. Namun usaha itu gagal karena di tengah-tengah proses, teman-temannya itu tiba-tiba menolak.

Kemudian Moo Young baru mengetahui bahwa semua itu terjadi karena ia pernah melaporkan Wasit Hong yang memanipulasi pertandingan ke kejaksaan.

Sementara itu, kakaknya Moo Young, Ho Chul juga sedang dalam masalah. Ia terlihat ketakutan dan berusaha mencari tempat persembunyian. Entah apa masalahnya.

Ho Chul memang diikuti oleh seorang pria yang suka memainkan tutup pemantik besi dan bertato di pergelangan tangannya. Tidak ada yang tahu apa yang membuat Ho Chul ketakutan ataupun apa yang sedang diliputnya. Atasannya pun tidak tahu.

Hanya saja sebelum kematiannya, Moo Young mendengar Ho Chul menyalahkan dirinya berkali. Menyesal karena sudah menuliskan artikel itu.

Sayangnya, Moo Young tidak pernah tahu artikel yang dimaksud Ho Chul karena Ho Chul keburu tewas ditabrak truk. Karena melihat ada seorang pria yang memakai jas, sengaja melambaikan tangannya, Moo Young langsung curiga. Sebelumnya, Moo Young juga sempat melihat pria itu di dalam apotik.

Sementara itu, di saat Ho Chul menghilang, Seok Min dan timnya sedang sibuk meliput kasus suap yang dilakukan oleh Dir. Min dan kini, setelah berita itu muncul, Dir. Min menghilang.

Namun, sebelum menghilang, ternyata Dir. Min sempat menemui Seok Min untuk melakukan interview khusus dan memberikan daftar penerima suap darinya.

Sayangnya, Dir. Min tidak memberi keseluruhan nama. Ia berjanji akan memberikan sisanya setelah yakin Seok Min bisa dipercaya. Namun meskipun begitu, dengan mengikuti uangnya, Seok Min tetap bisa menemukan daftar tersebut.

Seok Min mencoba bekerja sama dengan Jaksa Cha yang bertugas menangani kasus Dir. Min. Saat itu, So Ra sudah menjadi jaksa muda dibawah Jaksa Cha.

Setelah berhasil bekerja sama dengan pihak kejaksaan, Seok Min pun menemui Dir. Koo untuk meminta persetujuan menerbitkan artikel daftar penerima suap dan Dir. Koo menyetujuinya.

Sayangnya, kebenaran itu tidak pernah terungkap karena setelah artikel tersebut terbit, Dir. Min ditemukan tewas bunuh diri dan didalam saku jasnya terdapat diagnosis dokter yang menyebutkan bahwa Dir. Min menderita dementia.

Dengan begitu, artikel yang diterbitkan oleh Seok Min dianggap tidak kredibel dan Daehan Newspaper pun langsung menyatakan permintaan maaf. Sebagai sangsinya, Seok Min dipindahkan ke bagian Komite Sejarah dan Tim Splash dibubarkan.

Begitu juga dengan pihak Jaksa Cha. So Ra yang keras kepala sampai mendapatkan sangsi dipindahkan ke kantor cabang lain.

Kdramastory – Review Falsify Episode 1 – Episode 4

PLOT CERITA FALSIFY EPISODE 3 & EPISODE 4

Pelaku penabrak Ho Chul memang dihukum tapi Moo Young bersikeras bahwa pelaku itu bukan pelaku sebenarnya. Moo Young mencoba memberitahukan Seok Min tapi Seok Min tidak peduli karena ia pun sedang dalam masalah gara-gara Ho Chul (Seok Min tidak pernah menceritakan tentang Ho Chul pada Moo Young).

Credit : SBS

Karena terus mencoba mencari kebenaran atas kematian Ho Chul, Moo Young pun ditikam oleh seorang pria yang mengaku sebagai pembunuh Ho Chul. Moo Young tidak sempat melihat wajah pria tersebut. Yang ia ketahui dari pria itu hanyalah tato unik di pergelangan tangannya.

Setelah itu, Moo Young pun menghubungi Yang Dong Sik, seorang reporter sekaligus pemilik Aeguk Newspaper, sebuah perusahaan media massa kecil. Moo Young kebetulan kenal dengan Dong Sik ketika sedang mencoba menyelesaikan kasusnya. Moo Young menawarkan kerja sama pada Dong Sik. Dan dengan begitu, Moo Young pun bergabung bersama Dong Sik.

Lima tahun kemudian, Moo Young masih menyelidiki orang-orang yang memiliki hubungan dengan semua artikel yang pernah ditulis oleh Ho Chul. Berkat informasi dari Letnan Jeon, Moo Young menemukan seorang pria bernama Park Eung Mo yang terlibat dalam bisnis ilegal human trafficking.

Credit : SBS

Tujuan Moo Young menemui Park Eung Mo adalah untuk menanyakan pria yang memiliki tato itu. Tapi kemudian, ia malah menemukan kasus lain. Sebuah kasus pembunuhan. Tidak sengaja, Moo Young dan timnya menemukan empat mayat wanita yang sudah menjadi tulang yang ditanam di balik dinding.

Dari situlah kejaksaan terlibat. Kebetulan tim So Ra yang melakukan penyelidikan. Dalam kasus tersebut, So Ra menangkap Park Eung Mo dan juga menaruh curiga pada Letnan Jeon. Ia heran bagaimana Letnan Jeon bisa tidak mengetahui adanya praktik ilegal di wilayah tugasnya.

Di saat menyelidiki kasus tersebut, So Ra mendengar adanya reporter yang sebelumnya mendatangi lokasi tersebut. Setelah menyelidikinya, ia pun mengetahui tentang Aeguk Newspaper. Sebagian besar informasi tentang Aeguk Newspaper, ia dapatkan dari Reporter Na Sung Sik, salah seorang reporter dari Daehan Newspaper juga. Yang tidak ia ketahui ,nama pemilik dan alamat perusahaannya.

Selanjutnya, Reporter Na mendapatkan informasi video pengakuan Park Eung Mo dari Moo Young. Moo Young ingin menukarnya dengan sejumlah uang yang akan dipakai untuk membayar hutang Aeguk Newspaper.

Seperti biasa, video tersebut dipublish setelah mendapatkan persetujuan dari Dir. Koo. Namun karena menyangkut orang besar, Dir. Koo dibantu oleh Pengacara Jo melakukan lobi dengan kejaksaan dan pihak forensik.

Ujung-ujungnya, So Ra tidak bisa menuntut Park Eung Mo atas kasus human trafficking dan diharuskan menjatuhkan tuduhan itu pada orang lain, seorang pria campuran Cina-Korea. Letnan Jeon diam-diam memberikan uang pada pria itu untuk melarikan diri ke Cina. Pelariannya sampai diberitakan di koran.

Namun, Park Eung Mo disepenuhnya bisa bebas dari tanggung jawab karena DNA-nya ditemukan di keempat wanita tersebut, Sayangnya, lagi-lagi So Ra tidak bisa menuntutnya karena terganjal aturan batas kadaluarsa sebuah kasus. Menurut dokter forensik, keempat wanita itu meninggal 21 tahun yang lalu, sekitar tahun 1998 atau 1999.

Karena Park Eung Mo tidak terlibat dalam kasus human trafficking, Daehan Newspaper membuat pernyataan maaf dan ingin supaya Reporter Na bertanggung jawab. Tapi karena tidak mau karirnya tamat, Reporter Na memutuskan mengkambinghitamkan Aeguk Newspaper sebagai pihak pemberi video.

Daehan Newspaper menuduh Aeguk Newspaper membuat video palsu dan ingin menukarnya dengan sejumlah uang. Disebutkan juga dalam berita bahwa Daehan Newspaper akan melakukan langkah hukum menuntut Aeguk Newspaper.

Kdramastory – Review Falsify Episode 1 – Episode 4

REVIEW :

Kesan pertama drama ini… RUMIT dan NJELIMET! Udah ceritanya rumit, pemainnya juga sangat banyak… Bagi yang ingin nonton santai, boleh diskip aja kayaknya. Tapi buat yang senang drama bergenre legal atau suka drama yang rumit, bolehlah dicoba. 🙂

Seperti biasa, Nam Goong Min berakting sangat baik. Ada akting action yang sengaja dibuat dalam gerak lambat di titik-titik tertentu. Mirip seperti scene action di Strong Woman Do Bong Soon tapi tanpa efek komiknya. Jadi ada sedikit kesan humor walaupun cuma sampai tahap tersenyum saja, ga sampe ngakak. 🙂

Awalnya, adanya Jeon Hye Bin sempat membuat sy agak malas nonton drama ini. Bukan karena faktor Lee Joon Gi, ya tapi memang sejak awal kurang sreg sama Jeon Hye Bin. Tapi, di drama ini, tidak sepertinya biasanya, Jeon Hye Bin berakting jauh dari kesan elegan, terkesan high class. Sebaliknya, sebagai reporter foto lapangan, perannya lebih tomboy dan urakan. Dia bahkan ga segan kentut di depan rekan kerjanya… Pokoknya beda dari beberapa drama Jeon Hye Bin yang pernah sy tonton… 😛

Jika dilihat dari tim produksinya, drama ini diarahkan dan ditulis oleh PD dan Writen-nim yang belum familiar. Belum ada track record project mereka sama sekali.Di sisi lain, drama ini memiliki pemainnya yang sangat solid. Hampir seluruh pemainnya adalah pemain senior. Hampir semua pemain pernah kita lihat di banyak drama sebelumnya. Mungkin, faktor ini juga yang membuat rating drama ini bagus.

Selain itu, tema ceritanya juga cukup menarik, bisa dikatakan lebih realistis, lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari. Media massa biasanya akan memberitakan informasi yang condong ke pihak-pihak tertentu. Apalagi jika pemilik media massanya terjun ke dunia politik. 😀

Berbeda dengan tema cerita rom-com. Walaupun terlihat indah tapi sulit terjadi di dunia nyata. Coba, ada ga diantara kita yang ga sengaja kepleset terus jatuhnya tepat di pelukan cowok setampan Sung Hoon? Sulit terjadi, kan?

Seperti yang sama-sama kita tahu, media massa memegang peranan penting dalam masyarakat. Mereka bertugas menyampaikan informasi dan berita untuk masyarakat luas. Semakin besar suatu media, maka semakin besar pula cakupan pembaca atau pemirsanya. Semakin besar suatu media, maka anggapan kredibilitasnya juga semakin tinggi sehingga masyarakat lebih mudah mempercayai informasi yang mereka sampaikan.

Lalu apa jadinya jika sebuah media massa terlibat permainan kotor? Korupsi lalu memutarbalikkan fakta? Yang seharusnya salah jadi benar, sebaliknya yang seharusnya benar menjadi salah?

Begitulah yang dilakukan oleh Daehan Newspaper di drama ini. Dan oleh sebab itulah Han Moo Young, Lee Seok Min dan Kwon So Ra, bekerja sama untuk mengungkapkan kebenaran.

Ada beberapa pertanyaan besar yang muncul setelah empat episode awal tayang. Sebenarnya tulisan apa yang dibuat Ho Chul sehingga membuatnya terbunuh? Lalu siapakah pria bertato itu? Dia selalu berpakaian rapi, memakai jas berwarna hitam yang sekilas mirip dengan Pengacara Jo.

Tapi ga mungkin kan Pengacara Jo melakukan pekerjaan lapangan? Sebagai pengacara, tugasnya biasanya bertemu dan melobi orang. Lalu tatonya juga unik. Biasanya tato bergambar tulisan, hewan atau motif tertentu, tapi tato tersebut mirip seperti logo. Mungkin saja logo yang menunjukkan sebuah organisasi… Entahlah…

Sejauh ini drama ini cukup menjanjikan. Sepertinya sy akan nonton beberapa episode lagi untuk memutuskan akan nonton sampai tamat atau engga… 🙂

Leave A Reply

Your email address will not be published.