Update Sinopsis Drama Korea Terbaru

Review Hospital Ship Episode 1 – Episode 4

2

Kdramastory – Review Hospital Ship Episode 1 – Episode 4

Menjelang akhir bulan Agustus 2017, MBC menghadirkan drama baru berjudul ‘Hospital Ship‘ (Byungwonsun/병원선). Drama ini mengisi slot drama Rabu – Kamis, menggantikan drama ‘Man Who Dies To Live‘.

Drama ini adalah drama pertama Ha Ji Won bergenre medical. Penggemar Ha Ji Won pasti sangat menunggu hadirnya drama ini setelah dua tahun lalu, Ha Ji Won berperan di drama bergenre romcom berjudul ‘The Time We Were Not In Love‘ berpasangan dengan Lee Jin Wook.

Sebelum drama ini tayang, ada sebagian netizen merasa pesimis karena Ha Ji Won dipasangkan dengan Kang Min Hyuk yang terpaut perbedaan usia 12 tahun. Kang Min Hyuk kelahiran tahun 1991 sedangkan Ha Ji Won kelahiran tahun. Banyak netizen berharap tidak ada ‘loveline‘ antara mereka padahal sudah jelas disebutkan bahwa drama ini juga bergenre romance.

Walau ada yang berkomentar negatif tapi di penayangan perdana, drama ini memperoleh rating memuaskan, dua digit! Mengalahkan drama di slot yang sama, yaitu ‘Reunited Worlds‘, ‘Manhole‘, dan ‘Criminal Minds‘. Meskipun kemudian, di hari keduanya, rating drama ini mengalami sedikit penurunan.

Entah bagaimana nasib drama ini di minggu-minggu depan… Apakah akan bertahan? Ataukah ada drama lain yang lebih menarik…

Berikut sedikit review Ala Kdramastory, ya…

Disclaimer : Review ini hanya opini dari sudut pandang pribadi sy saja, ya. Tujuannya hanya untuk membantu memberikan gambaran plot cerita episode awal dari drama ini. Postingan ini bisa sebagai pertimbangan teman-teman sebelum memutuskan untuk menonton. Smoga bisa sedikit membantu, ya…

PEMERAN UTAMA :

Credit : Soompi Forums

Dr. Song Eun Jae diperankan oleh Ha Ji Won.

Seorang dokter bedah yang sangat kompeten dalam spesialisasinya. Eun Jae berkepribadian dingin, tak kenal rasa takut dan ragu. Bahkan saat menghadapi krisis dalam ruang operasi, ia tetap percaya diri dan mampu mengendalikan emosinya.

Pernah sekali dalam ruang operasi, juniornya ragu dan gemetar saat pasien tiba-tiba drop tapi dengan sangat tegas, Eun Jae meminta juniornya itu untuk tidak menganggap pasien mereka itu manusia. Ia bahkan mempersilahkan juniornya keluar dari ruang operasi saat itu juga kalau masih ragu dan takut.

Dengan kemampuannya yang mengagumkan itu, Eun Jae bekerja di sebuah rumah sakit elit, RS. Seoul Daehan di Seoul dibawah bimbingan seorang profesor yang bernama Dr. Kim. Dr. Kim sendiri mengakui kemampuan Eun Jae dan berniat menjadikan Eun Jae sebagai penggantinya.

Credit : Soompi Forums

Dr. Kwak Hyun diperankan oleh Kang Min Hyuk.

Seorang dokter spesialis penyakit dalam. Kwak Hyun sebenarnya bukan dokter sembarangan. Ayahnya juga seorang dokter terkenal karena memilih menjalani profesinya sebagai dokter lintas batas. Ayah Kwak Hyun mengobati pasien di wilayah-wilayah perang dan mengalami endemik seperti Irak, Afganistan hingga Afrika.

Entah apa penyebabnya, hubungan Kwak Hyun tidak begitu dekat dengan ibunya. Belum diperlihatkan bagaimana hubungannya dengan ayahnya. Entah apa penyebabnya juga, Kwak Hyun memilih bekerja di Hospital Ship. Ibunya menyebutkan dia melarikan diri dan memang pernah terjadi insiden namun belum dijelaskan lebih detail.

Credit : Soompi Forums

Dr. Kim Jae Gul diperankan oleh Lee Seo Won.

Seorang ahli pengobatan tradisional Korea (sy masih belum tahu apakah dia termasuk dokter juga atau bukan..). Jae Gul juga bukan orang sembarang. Ayahnya seorang ahli bedah ortopedi dan kini mengepalai sebuah rs (atau malah rumah sakit sendiri, ya?).

Namun ayah Jae Gul. Dr. Kim sama sekali tidak menerima Jae Gul. Sepertinya sebuah insiden pernah terjadi  yang ada hubungannya dengan kakak Jae Gul yang sudah meninggal.

Jae Gul bergabung dengan rs kapal karena terpaksa. Ia sedang wajib militer dan terpilih bertugas di rs kapal.

 

PLOT CERITA HOSPITAL SHIP EPISODE – EPISODE 4 :

Di suatu pagi, tidak sengaja Eun Jae melihat sebuah kecelakaan tunggal. Tanpa membuang waktu, dengan ambulance, ia membawa pasien tersebut dan melakukan operasi yang dipimpinnya sendiri.

Credit : MBC
Credit : MBC

Suasana menjadi agak heboh karena ternyata pasien yang dibawa oleh Eun Jae adalah Jang Sung Ho, pewaris dari perusahaan besar Doosung Grup. Operasi menjadi perhatian publik dan di sini, Dr. Kim seolah mengambil keuntungan untuk diri sendiri dan mengenyampingkan Eun Jae, dokter yang mengoperasi Sung Ho.

Credit : MBC

Namun walaupun begitu, saat Sung Ho sudah sadar dan Tn. Jang, pemilik Doosung Group datang, Dr. Kim tetap memperkenalkan Eun Jae pada mereka. Ketua Jang mengagumi kemampuan Eun Jae sedangkan Sung Ho sendiri langsung menyukai Eun Jae.

Credit : MBC

Ia bahkan sengaja menekan alarm ‘Code Blue’ hanya untuk memanggil Eun Jae. Sung Ho ingin bertemu Eun Jae dan memberi reward sebagai rasa terima kasihnya tapi Eun Jae menolak dan ingin segera pergi dari kamar Sung Ho. Tapi Sung Ho yang putus asa, mengancam akan menekan ‘Code Blue’ lagi kalau Eun Jae pergi. Tapi, dengan cueknya, Eun Jae menelpon, menyuruh perawat memindahkan Sung Ho ke bagian anak.

Ahahaha… Senyum Jo Hyun Jae manissss… 🙂

Kesempatan Eun Jae semakin besar setelah bertemu dengan Ketua Jang. Ia mendapat dukungan sepenuhnya dari Dr. Kim. Hanya satu hambatannya, ibunya yang tinggal di sebuah pulau, sering mengirimkan orang-orang di sana untuk menemuinya di rs.

Karena itu, Eun Jae harus membuat beberapa kali permohonan pada Dr. Kim untuk bisa menerima pasien yang dikirim oleh ibunya itu. Sekali dua kali Dr. Kim bisa menerima, tapi kini ia memberi Eun Jae peringatan. Ia tidak ingin rumor berkembang di rs nantinya.

Sebenarnya, ibu Eun Jae punya alasan sendiri kenapa terus mengirimi orang menemui Eun Jae. Ibu Eun Jae merasa kesepian. Ia merasa hidupnya gagal karena suaminya melarikan diri setelah menipu bank. Ia harus tinggal di jalanan dan meminta uang pada Eun Jae untuk biaya sekolah adik Eun Jae.

Setelah mengirim orang-orang menemui Eun Jae, ibu selalu mendapat cerita dari mereka. Mereka memuji Eun Jae itu baik dan kompeten. Dan mendengar pujian dari mereka, ibu Eun Jae merasa bahagia. Merasa hidupnya tidak begitu gagal…

Credit : MBC
Credit : MBC

Ibu Eun Jae, sebut saja Ny. Oh, sebenarnya tidak begitu sehat. Ia sempat memeriksakan diri ke rs kapal dan bertemu dengan Kwak Hyun di sana. Merasa Kwak Hyun baik dan ramah, ibu sempat memperlihatkan pas foto Eun Jae pada Kwak Hyun. Ia berharap Kwak Hyun dan Eun Jae bisa bertemu…

Sayangnya, sewaktu pulang ibu lupa membawa kembali pas foto Eun Jae. Foto itu disimpan Kwak Hyun dan ia berniat akan mengembalikannya saat bertemu Ny. Oh lagi…

Atas bujukan adiknya, Ny. Oh memutuskan pergi ke Seoul untuk menemui Eun Jae karena Kwak Hyun menyarankannya memeriksakan diri lebih lengkap. Sayangnya, karena Eun Jae salah paham, mengira ibunya membawa pasien lagi, Eun Jae buru-buru menutup telponnya. Akhirnya, Ny. Song terpaksa pulang kembali ke pulau. Membawa pulang kembali makanan yang sudah ia siapkan untuk Eun Jae.

Hingga akhirnya, beberapa hari kemudian Eun Jae mendapat telpon dari bibinya yang panik karena ibunya tidak sadarkan diri. Menyadari kesalahannya, Eun Jae mulai panik. Ia langsung menemui Sung Ho, menagih janji Sung Ho yang akan membalas jasanya.

Berkat bantuan Sung Ho, Eun Jae bisa mendapatkan helicopter dan langsung terbang ke rs tempat ibunya dibawa oleh penjaga pantai. Sayangnya ia terlambat. Ibunya telah tiada…

Eun Jae sangat sangat menyesal. Sebagai dokter, ia tidak berbuat apa-apa untuk ibunya. Satu-satunya yang lakukan sebagai dokter pada ibunya adalah mengumumkan kematian ibunya… Eun Jae bahkan merasa tidak pantas untuk menangis…

Setelah kematian ibunya, entah apa yang terjadi di rs tempat Eun Jae bekerja, tiba-tiba Eun Jae muncul di rs kapal dan akan bekerja di sana sebagai dokter bedah.

Awalnya tentu saja menemui hambatan karena rs kapal tidak sama dengan rs yang sebenarnya. Ditambah lagi karena ia tiba 3 hari lebih cepat, ruang operasinya sama sekali belum siap. Masih dipakai untuk gudang penyimpanan. Hari itu, Eun Jae bahkan terpaksa melakukan operasi seorang anak di atas kursi pasien gigi dan memakai alat kedokteran gigi.

Credit : MBC

Di awal-awal pertemuan, Kwak Hyun sempat merasa familiar dengan Eun Jae tapi tidak ingat pernah bertemu di mana. Sampai akhirnya ia melihat pasfoto yang tertinggal oleh Ny. Song. Ia mengembalikan foto itu pada Eun Jae sambil menanyakan kabar ibu Eun Jae. Dari situla ia tahu tentang ibu Eun Jae yang sudah meninggal. Kwak Hyun tentu saja menyesal karena bertanya sesuatu yang tidak pantas tapi ia tidak tahu kalau ibu Eun Jae sudah meninggal.

Kemampuan Eun Jae kembali diuji setelah kemudian harus menangani pasien yang mendadak pingsan. Ia berhasil memberi pertolongan pertama dan membawa pasien ke sebuah rs. Di sanalah ia bertemu dengan Dr. Kim, ayah Jae Gul.

Dr. Kim sempat memberinya pekerjaan sebagai dokter panggilan untuk keadaan darurat tapi beberapa jam kemudian ia langsung dipecat. Penyebabnya, Dr. Kim mendapatkan kabar tidak menyenangkan dari Dr. Kim, pembimbingnya Eun Jae yang di Seoul.

Dari sanalah, rumor menyebar hingga ke rs kapal. Sekarang, semua orang yang ada di sana menggosipkan Eun Jae. Tidak jelas apa yang mereka bicarakan, tapi Kapten Bang, nahkoda kapal, menyimpulkan Eun Jae sudah melakukan malpraktek dan meminta Eun Jae meninggalkan rs kapal.

Namun, malamnya saat kapal terjebak badai di laut, salah seorang awak kapal bernama Jung Ho, mengalami kecelakaan. Pergelangan tangannya hampir putus karena dihantam penutup besi kapal.

Credit : MBC
Credit : MBC

Eun Jae yang tidak merasakan adanya denyut nandi di tangan Jung Ho yang hampir putus itu, menyirami tangan Jung Ho dengan alkohol lalu mengambil kapak… Siap mengayunkan kapak ke tangan Jung Ho…

 

REVIEW :

Dari segi cerita, sejauh ini, scene berdarah-darahnya tidak begitu banyak. Masih wajar dan masih sanggup ditonton tanpa merasa ngeri. Kecuali di akhir episode 4, sempat teriak gara-gara Eun Jae mengambil kapak dan mengayunkannya ke pergelangan tangan Jung Ho.

Kok gitu, ya? Apa boleh main potong gitu aja? Atau sebenarnya Eun Jae bukan mau motong tangan Jung Ho tapi cuma sengaja dibuat untuk menaikkan efek dramatis aja?

Yang paling sy suka adalah scene Ny. Oh, ibu Eun Jae. Kata-katanya itu, lho… Menyentuh bgd. Kasihan ibu yang merasa kesepian dan merasa hidupnya gagal karena tidak bisa berbuat apa-apa dan tidak bisa mencari uang sendiri. Ia merasa terlalu tergantung pada Eun Jae.

Tapi perasaan gagalnya itu bisa sedikit terobati hanya dengan mendengar cerita dan pujian dari orang-orang yang dikirimnya untuk menemui Eun Jae. Pujian dari mereka membuatnya bangga pada Eun Jae…

Yang paling menyentuh lagi, ibu datang jauh-jauh ke Seoul dengan membawa makanan kesukaan Eun Jae tapi karena Eun Jae salah paham, ia terpaksa pulang kembali ke pulau.

Credit : MBC

Scene sore hari saat ibu berdiri di atas jembatan penyebrangan dan menatap gedung besar tempat putrinya bekerja, sangat menyentuh. Ibu terlihat sedih dan terlihat sekali seolah tatapan sedih itu adalah tatapan ibu untuk yang terakhir kalinya…

Kebayang, kan gimana perasaan bersalah Eun Jae? Walaupun tegar, penyesalannya itu akan sulit hilang. Sepertinya, mungkin nanti, Kwak Hyun yang baik hati bisa mengobati perasaan menyesal Eun Jae itu.

Dan Kwak Hyun ternyata juga punya trauma di masa lalu. Sunbaenya menyalahkannya atas kematian seorang pasien. Mungkin dengan adanya Eun Jae yang kuat, perlahan Kwak Hyun menemukan kembali rasa percaya dirinya sebagai dokter.

Setelah kemunculan Jo Hyun Jae di episode 1 dan 2, ada yang berharap Ha Ji Won punya loveline dengan Jo Hyun Jae aja yang berperan sebagai Jang Sung Ho, pasien yang diselamatkan Eun Jae. Menurut mereka, keduanya cocok. Sy sendiri juga berpendapat sama. Ha Ji Won lebih cocok dengan Jo Hyun Jae dan di sini Jo Hyun Jae juga cute bgd pedekate-nya. Sampai nekat tekan tombol ‘Code Blue’ supaya bisa bertemu Eun Jae yang susah bgd dicari… 😀

Dan reaksi Eun Jae juga cute. Masak dia mau mindahin Sung Ho ke bagian anak?

Dan Sung Ho sampe senyum gemes… 😀

Credit : MBC
Credit : MBC
Credit : MBC

Tapi, sy netral kok. Mau sama Jo Hyun Jae atau sama Kang Min Hyuk, ga terlalu masalah… Ga ada romance pun, ga masalah (tapi kayaknya ga mungkin, ya karena udah jelas disebutkan genrenya romance…:-D ).

Menurut sy, Ha Ji Won itu awet muda bgd. Ha Ji Won yang sy lihat di sini masih sama seperti seperti Ha Ji Won di Secret Garden, 7 tahun yang lalu. Mungkin karena sy merasa karakter Eun Jae dan Gil Ra Im hampir mirip, ya. Sama-sama berkarakter kuat… Sedangkan Kang Min Hyuk terlihat jauh lebih dewasa, sangat berbeda dengan Kang Min Hyuk di ‘The Heirs’. Sama sekali ga terlihat perbedaan usia mereka yang jauh… 😀

Jadi, kalo pun nanti Ha Ji Won harus berpasangan dengan kang Min Hyuk, ya ga apa-apa. Walaupun sy masih berharap Jo Hyun Jae akan muncul lagi soalnya ternyata dia hanya cameo di drama ini. Sangat berharap dia muncul lagi dan pedekate sama Ha Ji Won. Lucu soalnya… 😀

Buat yang penasaran dengan lanjutan drama ini, tunggu drama ini ya setiap Rabu-Kamis jam 22.00 di MBC. Selamat menonton… 🙂

2 Comments
  1. Tina says

    Huaaah..mb Dian bikin reviewnya..
    Arigato😙😘
    Komentar mb Dian mewakili perasaan aku waktu nntn drama ini, ep 1 menurutku sangat menarik cz biasanya aku drop nntn drama klo ep 1 trlalu lamban ato krg greget..ini mah cerita melibatkan seorang ibu yg sbnrnya merindukan anaknya dan mpe meninggal g bs ktmu loh..pdhl anaknya dokter tp g bs menolongnya..wah betapa menyesalnya dr.Song..aku nangis pas scene ibu di jembatan menatap RS t4 anaknya bekerja ada gurat kesedihan mendalam dri tatapannya😭trs tmbah nangis pas sang ibu akhirnya meninggal😭😭😭
    Nemu y ,namanya Jo Hyun Jae dri kmrn Han Kang mulu manggilnya.. yah aku suka karakter JHJ disini cz agak2 jahil gmn..ngebayangin dia msh penasaran buat menaklukan dr.Song uhuuui..love..love..tp g trlalu brhp sih cz ktnya cm Cameo y mb..tp pengin dia nnti scene ada lgi,jd saingan Kwak Hyun jg ok..wkwk..jelas aku bakal kena Second lead syndrom..haha..
    Klo love line skrg mah aku msh netral lah..Kang Min Hyuk jd gak kliatan punya gap umur 12 tahun sm HJW..
    Apalah..apalah inget secret garden lgi deh cz cara dr. Song nyibakan rambut kebelakang ato ngucek2 rambut pas galau persis Gil Ra Im..mngkn aslinya Ha Ji Won gitu y..selamat menonton yg blm nntn..smg kedepan tambah menarik ceritanya..

    1. kdramastory says

      Bener… nangis waktu scene ibu Eun Jae… Mungkin kl g ada scene ini, ga akan diterusin… 🙂 Smoga ya masih ada Jo Hyun Jae dan ceritanya makin kece… 🙂

Leave A Reply

Your email address will not be published.