Update Sinopsis Drama Korea Terbaru

Review Two Cops Episode 1 – Episode 4

8

Review Two Cops Episode 1 – Episode 4

Kdramastory – Sejak dua minggu lalu, drama Senin – Selasa baru sudah mulai tayang. Dimulai dari Two Cops (27/11) dan Doubtful Victory (27/11) dan di minggu lalu adalah Jugglers (4/12). Bingung mau milih nonton yang mana…

Dalam postingan kali ini, sy sedikit membuat review singkat atau bisa juga dikatakan ‘first impression’ episode awal ketiga drama ini. Untuk drama Senin – Selasa yang lain, yaitu Meloholic dan Rude Miss Young Ae Season 16, sy memutuskan tidak mencobanya.

Disclaimer : Review ini hanya opini dari sudut pandang pribadi sy saja, ya. Tujuannya hanya untuk membantu memberikan gambaran plot cerita episode awal dari drama ini. Postingan ini bisa sebagai pertimbangan teman-teman sebelum memutuskan untuk menonton. Smoga bisa sedikit membantu, ya…

 

PLOT & REVIEW TWO COPS EPISODE 1 – EPISODE 4 (MBC)

Mengusung genre ‘Detective, Romance, dan Supernatural’, drama ini mengisahkan seorang detektif yang dirasuki jiwa seorang penipu. Menarik tapi jangan berharap ada lucu-lucunya, ya karena dari 4 episode yang sy tonton, drama ini lumayan serius.

Plotnya kurang lebih begini…

Dong Tak dan Letnan Jo dalam pengintaian. Credit : MBC

Cha Dong Tak (Jo Jung Suk) adalah seorang detektif yang berpartner dengan Letnan Jo Hang Joon (Kim Min Jong).

Dalam sebuah pengintaian, Letnan Jo ditusuk seseorang, begitu juga dengan Dong Tak. Dan, tragisnya Letnan Jo berakhir dengan kematian. Tidak diketahui identitas penusuk karena pelaku menutup seluruh kepala dan wajahnya dengan helm.

Dong Tak yang merasa bersalah dan bertanggung jawab terutama pada istri dan anak Letnan Jo, bertekad menemukan pelakunya.

Ia menangkap seseorang yang bernama Yong Pal (Lee Si Un). Dong Tak sangat yakin Yong Pal mengetahui sesuatu karena ia tahu tentang cara menusuk pelaku yang unik, yang belum pernah diberitahukan ke publik atau ke siapa pun. Caranya, menusuk lalu memutar pisau.

Pengawas Polisi Ma. Credit : MBC
Pengawas Polisi Ma bertemu dengan Kepala Jaksa Tak. Credit : MBC

Sayangnya, belum mendapatkan apa pun, Dong Tak mendapat kabar bahwa kasus tersebut akan segera ditutup. Usaha penutupan kasus itu dilakukan Pengawas Ma Jin Kook (Jung Hae Kyun) atas desakan Kepala Jaksa Tak Jung Hwan (Choi Il Hwa), ayah dari Jaksa Tak Jae Hee (Park Hoon) yang menangani kasus Letnan Jo.

Untuk menghindari kecurigaan Dong Tak, Pengawas Polisi Ma menghubungi seseorang dan orang tersebut tahu seseorang dijadikan kambing hitam. Dan orang yang dimaksudnya adalah Gong Soo Chang (Kim Sun Ho).

Gong Soo Chang yang seorang penipu, memang mengenal Letnan Jo karena Letnan Jo adalah polisi yang menangkap dan menjebloskannya ke penjara. Tapi, sebenarnya hubungan mereka cukup baik.

Letnan Jo pernah menemui Soo Chang di penjara untuk menasehatinya dan berjanji akan memberi kesempatan pada Soo Chang memulai hidup baru setelah bebas nanti.

Soo Chang sendiri sangat senang mendapat perhatian seperti itu dari Letnan Jo. Tapi saat rekan satu selnya bertanya kenapa dia sangat senang bertemu Letnan Jo, Soo Chang malah bercanda, mengatakan dia akan balas dendam setelah bebas nanti.

Gara-gara Soo Chang bicara seperti itu ditambah tiba-tiba munculnya saksi yang mengaku melihat penusukan, Soo Chang pun dituduh membunuh Letnan Jo dan polisi mulai mencarinya. Saat Dong Tak berhasil menangkap Soo Chang, mereka dihadang dan diserang oleh segerombolan geng motor.

Dong Tak dan Soo Chang dihadang geng motor. Credit : MBC

Dong Tak dan Soo Chang yang saat itu saling terikat karena borgol yang dipasang Dong Tak satu di tangan Soo Chang dan yang satunya lagi di tangannya sendiri, akhirnya terdesak. Mereka berusaha menyelamatkan diri dengan melompat ke dalam sungai.

Ketika sadar, Soo Chang menyadari dirinya ada di dalam tubuh Dong Tak sedangkan dia sendiri terbaring koma. Tidak punya pilihan lain, Soo Chang hidup sebagai Dong Tak dan mulai menyelidiki kasus tersebut untuk membersihkan namanya.

Dengan menyadap ponsel Yong Pal, dia tahu tentang sebuah gudang di sekitar TKP yang punya banyak CCTV.

Sementara itu, Song Ji An (Hyeri) adalah seorang reporter yang sedang putus asa mencari berita baru. Ia mendatangi kantor polisi untuk mencari tahu perkembangan kasus Letnan Jo dan bertemu dengan Dong Tak di sana.

Dong Tak dan Ji An. Credit : MBC

Tapi Dong Tak yang menganggap Ji An akan mengganggu proses penyelidikannya, melarang Ji An menuliskan apa pun tentang kasus tersebut. Karena tersentuh alasan yang dikemukan Dong Tak, Ji An setuju tidak menulis apa pun.

Dong Tak dan Ji An. Credit : MBC

Tapi kemudian karena merasa terdesak, Ji An sampai melakukan sesuatu agar Dong Tak mau membuat kesepakatan dengannya.

Ji An menuntut Dong Tak telah melakukan pelecehan padanya gara-gara sebuah insiden. Dong Tak yang kini jiwanya adalah Soo Chang, tentu tidak tahu sama sekali kejadian yang sebenarnya dan dengan mudah membuat kesepakatan dengan Ji An.

Lagipula, jika kasus itu menjadi berita, akan bermanfaat dalam pemulihan nama baiknya nanti.

CCTV dari dalam gudang. Credit : MBC

Di suatu kesempatan yang tidak terduga, mereka sama-sama pergi gudang yang diceritakan Yong Pal. Dengan berpura-pura berlagak sepasang kekasih yang tertangkap bermesraan melalui CCTV, mereka berhasil masuk ke dalam gudang dan berhasil menemukan rekaman yang dicari.

Sayangnya, mereka dihadang oleh bos pemilik gudang dan sekelompok anak buahnya. Dong Tak yang dirasuki Soo Chang tidak memiliki keahlian beladiri seperti Dong Tak yang asli. Dia sempat dipukul sampai hidungnya berdarah.

Gara-gara darah itu, Soo Chang yang ada dalam tubuh Dong Tak jadi teringat kecelakaan ayahnya dulu dan seketika jiwa Soo Chang terhempas keluar. Dengan kembalinya jiwanya, Dong Tak berhasil mengalahkan mereka dan mendapatkan rekaman CCTV.

Dari situlah nama Soo Chang bisa dibersihkan.

Review Two Cops Episode 1 – Episode 4

Ada sesuatu yang aneh dalam kasus Letnan Jo ini. Baik kepolisian maupun kejaksaan, terutama kejaksaan, berusaha menutup-nutupi kasus tersebut. Bahkan jaksa penuntut yaitu Jaksa Tak yang menangani kasus tersebut dan merupakan teman/kenalan dekat Ji An, bersikap sama.

Ia mengaku tidak tahu apa-apa saat Ji An membicarakan kasus tersebut. Dan bahkan, saat Dong Tak yang didalamnya jiwaSoo Chang datang untuk meminta surat penggeladahan gudang itu, Jaksa Tak menolak memberikannya.

Kenapa Jaksa Tak tidak mau bekerja sama menyelesaikan kasus itu dengan Dong Tak? Kenapa ayah Jaksa Tak berusaha menutupi kasus tersebut?

Sepertinya, drama ini akan menceritakan penyelidikan Dong Tak untuk mengungkapkan pelaku pembunuh Letnan Jo.

Ada tiga petunjuk yang dimilikinya. Pertama, pematik besi yang sebenarnya diperoleh oleh Letnan Jo tapi kemudian diberikan oleh istri Letnan Jo kepada Dong Tak.

Tato di leher pelaku. Credit : MBC

Kedua, rekaman CCTV yang mengambil gambar leher si pelaku. Sepertinya di lehernya ada tato. Ummmm kok bisa ya CCTV bisa merekam sedetail itu, padahal posisi kamera cukup jauh…

Ketiga, cara pelaku menusuk korban yang tidak biasa.

Menarik… Penasaran siapa pelakunya dan sebenarnya kasus apa yang sedang diselidiki Letnan Jo sehingga menyebabkan nyawanya harus dihilangkan.  Di awal, mereka sempat membicarakan kasus supir taksi tapi ga dijelaskan lebih detail.

Lalu wanita peramal. Meskipun orangnya rasional, entah kenapa Dong Tak tidak sanggup menolak ajakan wanita peramal itu. Dan ajaibnya, wanita itu bisa menebak beberapa hal dari diri Dong Tak.

Setelah Dong Tak dirasuki Soo Chang, anehnya wanita peramal itu bisa melihat Soo Chang yang ada di dalam diri Dong Tak. Wanita peramal itu mengatakan, Dong Tak sudah menemukan partnernya.

Siapakah dia sebenarnya? Apakah Dong Tak dan Soo Chung itu punya hubungan tertentu?

Menariknya lagi, Jo Jung Suk memerankan dua karakter di drama ini, sebagai Dong Tak asli yang sifatnya keras dan jago beladiri dan sebagai Dong Tak yang dirasuki Soo Chang yang memiliki sifat perayu, suka ngegombal, dan ga bisa bela diri.

Beda 180 derajat lah mereka. Tapi Jo Jung Suk bisa memerankannya dengan baik. Soal akting, Jo Jung Suk memang ga pernah mengecewakan.

Lalu bagaimana dengan Hyeri?

Banyak netizen yang memberi komentar negatif padanya, tapi sejauh ini sy biasa aja, sih. Suka, engga… Engga suka pun ga juga… Beda kalau dibandingkan sewaktu Hyeri main di Entertainer. Di drama itu, sy masih melihat Deok Sun dalam diri Hyeri.

Mungkin karena faktor Reply 1988 sudah cukup lama lewat dan ditambah lagi Hyeri pacaran dengan Ryu Jung Yeol di rela life… Jadi, ga masalah, sih…

Kalau chemistry mereka, sy belum ngerasa apa-apa, sih. Sy ga begitu penasaran dengan romance drama ini. Tapi kalau masalah ‘flirting-flirtingan, gombal-menggombal’, Jo Jung Suk memang ahlinya… 😀

Untuk sementara, sy akan melanjutkan drama ini… Penasaran dengan kasusnya dan juga Dong Tak yang dirasuki Soo Chang. Dong Tak asli sama Dong Tak yang dirasuki Soo Chang beda bgd, baik sifat maupun style mereka, sangat bertolak belakang.

Ada satu hal yang menarik pada Soo Chang. Meskipun bukan seorang detektif, Soo Chang ternyata punya ‘sense detektif’ yang bagus. Mungkin karena pengalamannya sebagai penipu. Dia pintar membuat rencana dan bisa membaca ekspresi lawan bicaranya. Mirip seperti Lee Min Ho di The Legend Of The Blue Sea , lah.

Di penayangan perdananya, drama ini mencatat rating sebesar 4.6% versi Nielsen Korea (episode 1), 5.1% Nielsen Korea (episode 2), di bawah Witch’s Court KBS2 yang mendapat rating sebesar 11.9% versi Nielsen Korea, 9.9% versu TNMS (episode 15). (Sumber)

Nah, Selanjutnya, Review Doubtful Victory, yaaa…

8 Comments
  1. Dahliia says

    ” kalau masalah ‘flirting-flirtingan, gombal-menggombal’, Jo Jung Suk memang ahlinya” -that’s it!!!

    Apa yaa, kalau menurut saya Jo Jung-suk tuh punya aura + pesonanya tersendiri. Akting gombalnya selalu natural.. Kalo sama pacar aslinya begimana tuh? (Coba tanya gummy wkwk)

    Masalah akting Hyeri, saya juga baca-baca komen kor-net, tapi pas nonton sendiri kayaknya enggak ada masalah apapun sih. Dia enggak awkward, dan oke-oke aja, Apa saya yang gak peka atau gimana, heheh–

    1. kdramastory says

      Kl ga salah, pernah baca pacar JJS itu cantik-cantik kan ya? Sebelum sama Gummy, pernah sama siapa gitu… Sama Shin Min Ah juga pernah kl ga salah…

      Sama kita, biasa aja sih liat aktingnya Hyeri. Selama ga merasa aneh atau ga suka, ya ditonton aja… 😛 Toh apa lah kita ini ngritik akting orang lain secara kita akting aja g bisa… 😀 Selama enjoy nontonnya, ya nonton aja… 😀

  2. Tina says

    Tadinya ga tertarik nyoba loh mb..krn baca dimana2 ktnya akting Hyeri awkward..haha..
    Entahlah krn udh cape nntn yg berbau2 jaksa WYWS sm Witch Court jd sy skip yg Judge vs Judge sm yg punya Jung Kyung Ho(apa y..buahaha) pas nulis g inget judul..
    Nah mw skip ini jg tp pas buka apa y kmrn terlintas wajah JJS pas dirasuki jiwa Soo Chang itu loh..lucu.. trs jd kepo eh trs coba nntn eh blm berhenti ini..wkwk..jd ini niat aku tonton mb..aplgi mb Dian bikin review makin semangat buat nerusin lah.. aku jg g brharap byk sm romancenya dan biasa aja liat akting Hyeri krn lbh tertarik sm kasus utama n JJS yg meranin 2 karakter..
    Aku nntn Black Knight ..krn rindu KRW dan rindu genre romance berharap byk..smg bagus..haha.. siapapun cewnya pokoknya tonton aja wkwk.. aku g begitu suka SSK tp berhubung dia cantik g mslh lah di pasangin sm KRW.. nntn donk mb..bikin reviewnya jg boleh..haha..selama ini susah meracuni mb Dian klo udh g mw g mw aja🤣🤣🤣

    1. kdramastory says

      Apa ya drama Jung Kyung Ho? Ga tau juga…

      Aku mah bikin review karena udah nyicip aja… Ga tau ni apa semua drama Senin Selasa bakal dilahap tiga-tiganya 😀 #Maruk!!!

      Juggler juga pengen nonton. Ceritanya sih biasa tapiiii Daniel Choi yang bikin suka. Udah lamaaaa banged ga liat. Terakhir liat di Ghost dulu, ntah tahun berapa… 😀

      Black Night nanti aku nyicip juga… Mudah2an g bikin ilfil kayak di Doctors… 😀

    2. anonymous says

      Bener mbak! Choi daniel 😣 sejak school tuh dia kalo saya mah ketemunya haha. Ngomongin ghost, ini jg mirip itu kan? Ketuker. Cuma choi daniel ga bisa balik krn wajahnya yg berubah eh lupa lupa inget ceritanya lol

      1. kdramastory says

        Kl di ghost mah, yang satunya mati. So Ji Sub yang asli mati. Tp karena Daniel Choi pake ID polisi So Ji Sub, makanya ga ada yang tahu kl So Ji Sub yang mati, kecuali hmmmm siapa ya polisi yang ceweknya itu… terakhir dia jd LF di The Package… Akhirnya, supaya ga ketahuan siapa yang sebenernya mati, jd lah semacam ‘face off’ gitu…

  3. anonymous says

    Woah hahahahahaha…saya takjub sama mbak dian yg mau ngereview doubtful victory jg. Readers mah enak tinggal baca, sejam.an ga sampe. Lha kalo nonton wkwkwkwk. Tp lebih cepet bikin ini sih drpd sinop^^
    Ternyata ceritanya begitu ya. Lumayan nih. Pantes jg jjs mau nerima dan rating senin selasa bisa balapan satu sama lain dramanya lol

    1. kdramastory says

      Hehehe… bener, lebih cepet bikin review kayak gini… Ceritanya lumayan, walaupun ga bikin ngakak tapi cukup bikin senyum-senyum liat JJS yang paling pantes kalo ngegombal… 😀

Leave A Reply

Your email address will not be published.