Rekap/Review Return Episode 14 : I Refuse To Answer

2

[Rekap/Review Return Episode 13]

 

Rekap/Review Return Episode 14

Kdramastory – Dokgo mulai menelusuri hilangnya Kim Byung Gi.

Pertama-tama ia menemui Hak Beom yang sedang berpesta dengan temannya, tapi bukan Tae Suk. Dokgo sampai harus mengancam supaya mereka mau membubarkan diri. Salah satu dari mereka adalah anak seorang jaksa umum.

Saat ditanya apa yang dia lakukan di tanggal 24 Januari, Hak Beom bilang dia ke gym lalu tidur di rumah.

Credit : SBS

Setelah dikonfirmasi di tempat gym, memang ada bukti Hak Beom ke sana. Apalagi kehadiran member menggunakan sidik jari, jadi tidak mungkin orang lain yang menggantikan Hak Beom.

Hanya saja petugas administrasi ingat hari itu Hak Beom memintanya memesan taksi. Untuk orang yang selalu memakai mobil mewah, terasa aneh baginya. Oleh sebab itulah dia ingat.

Untungnya, si petugas administrasi mengingat perusahaan taksi yang ia pesan.

Credit : SBS

Singkat cerita, Dokgo ke perusahaan taksi dan bertemu dengan supir taksi yang mengantarkan Hak Beom.

Mudah bagi supir taksi mengingat Hak Beom karena hari itu Hak Beom minta diantar ke tempat yang sangat jauh. Terlebih lagi mereka menunggu temannya Hak Beom datang sampai 1 jam di sana.

Credit : SBS

Berdasarkan informasi dari supir taksi, Dokgo dan Dong Bae kini berada di lokasi tempat Hak Beom dan Tae Suk bertemu. Dari sana, sangat mudah bagi mereka mendapatkan informasi jalan yang baru diaspal tanggal 23 Januari.

Credit : SBS
Credit : SBS
Credit : SBS

Di sana, Dokgo dan Dong Bae melihat sebuah terowongan. Dan disitulah mereka menemukan bekas jejak darah di tanah. Bukan hanya itu, mereka juga menemukan bercak darah di dinding terowongan.

Credit : SBS
Credit : SBS

Sidang perdana In Ho akan segera digelar. Ja Hye datang menemui In Ho.

Menarik apa yang dikatakan Ja Hye pada In Ho sehari sebelum sidang dilaksanakan. Saat itu, In Ho merasa ragu dengan kesiapannya menghadapi sidang.

Ja Hye mengatakan begini.

Here’s the thing about the law. The result changes depending on one’s ability to use the law to one’s advantage instead of the ability to get closer to the truth. I’m sure you know that better than anyone.

Intinya, dalam hukum, hasilnya bisa berubah tergantung kemampuan seseorang untuk menggunakan hukum tersebut demi keuntungannya, bukan kemampuan untuk mendekati kebenaran. Dengan jelas Ja Hye bilang, In Ho sangat tahu maksudnya dari ucapannya itu.

Ja Hye bahkan bertanya, “Bukankah orang dengan uang bisa memalsukan hukum yang bahkan tidak ada?”.

Duh… kayaknya Ja Hye tahu sesuatu ya…

Credit : SBS

Hari persidangan perdana In Ho tiba.

Di sini, sy merasa agak kehilangan arah. Seperti ada sesuatu yang terlewat. Penjelasan yang diberikan Ja Hye berbeda dengan apa yang dikatakan In Ho saat penyelidikan.

Ja Hye mengatakan bahwa setelah percekcokan, In Ho dan Mi Jung ke penthouse, have se**al intercourse lalu berpisah.

Seingat sy, di penyelidikan In Ho bilang dia ke penthouse cuma buat mandi dan ganti baju dan pakaian Mi Jung juga basah banged karena dia memang kehujanan. Ketika In Ho pulang, Mi Jung bahkan belum ganti baju basahnya itu.

Btw, sy kasihan sama Na Ra yang mengikuti sidang dan mendengar semua apa yang dilakukan suaminya dengan Mi Jung. Ga bisa dibayangkan gimana perasaannya.

Kembali ke persidangan.

Jaksa penuntut bersikeras bahwa kasus tersebut adalah kasus pembunuhan kamar tertutup karena tidak ada bukti CCTV bahwa Mi Jung meninggalkan penthouse di CCTV pintu keluar.

Ja Hye memberikan kemungkinan skenario lain. Bagaimana kalau korban pergi ke unit penthouse yang lain? Ja Hye memperlihatkan rekaman CCTV.

Credit : SBS
Credit : SBS

Mi Jung terlihat keluar lift di lantai 4 lalu di hari yang sama, Mi Jung masuk lift dari lantai 3.

Credit : SBS

Jaksa mengungkapkan kemungkinan korban dipaksa tidur dengan terdakwa. Ia juga memutarkan rekaman blackbox dari mobil Mi Jung setahun lalu, saat Mi Jung menelpon In Ho dengan nada ancaman karena In Ho terus menghindarinya.

Saat itu Mi Jung bahkan sudah di depan TK Dal Rae. Ia menelpon sambil mengawasi Na Ra dan Dal Rae yang berbicara dengan guru. Dari rekaman itu terungkap bahwa Mi Jung melakukannya karena In Ho sudah membuatnya kehilangan bayinya.

Btw, sy ga bisa melihat hubungan antara rekaman ini dengan kemungkinan yang diungkapkan jaksa sebelumnya. Kalau berdasarkan rekaman itu, harusnya Mi Jung kan yang memaksa In Ho, bukannya In Ho yang maksa Mi Jung?

Ja Hye terlihat tidak senang karena dia sama sekali tidak tahu tentang video itu.

Credit : SBS
Credit : SBS

Setelah rehat, sidang dilanjutkan lagi dengan menghadirkan saksi dari Obgyn. Terungkap bahwa satu setengah tahun yang lalu, Mi Jung hamil dalam kondisi rahim yang hanya tinggal satu. Karena keguguran dan harus dioperasi, diketahui rahim Mi Jung yang satunya lagi juga dalam kondisi yang tidak baik, sehingga harus diangkat juga.

Baik petugas obgyn dan polisi yang menjadi saksi yang selanjutnya, mengungkapkan bahwa ada percekcokan dan tanda terjadinya kekerasan walaupun dibantah oleh korban.

Lagi-lagi, kesaksian petugas obgyn dan polisi dijadikan alasan motif In Ho membunuh Mi Jung.

Ja Hye memberi bantahan karena semua itu hanya asumsi jaksa saja, bukan bukti.

Credit : SBS
Credit : SBS

Dokgo mencari taksi yang ditumpangi Hak Beom di rekaman CCTV. Dan memang, 1 jam setelah mobil Byung Gi lewat di rute itu, taksi yang membawa Hak Beom juga lewat di rute yang sama.

Credit : SBS

Ja Hye dan timnya memulai penyelidikan lagi. Kali ini mereka memeriksa catatan telpon di penthouse.

Credit : SBS

Na Ra kemudian terlihat mendatangi suatu tempat dan masuk ke sebuah kedai yang sangat sederhana. Di sana ia bertemu dengan seorang wanita tua. Na Ra menanyakan tentang Kim Jung Soo.

Credit : SBS

Tidak diperlihatkan jawaban wanita itu karena scene beralih ke rs Daemyung. Na Ra datang ke sana untuk menemui Kim Jung Soo.

Na Ra menanyakan apakah Jung Soo mengenal Yeom Mi Jung dan Jung Soo membantah. Mengaku tidak pernah dengar nama itu.

Na Ra teringat Jung Soo yang malam itu datang ke bar milik Mi Jung. Na Ra tidak bisa bertanya lebih jauh karena Jung Soo tiba-tiba pamit pergi dengan alasan sibuk. Pagernya berbunyi padahal dia yang menekannya sendiri.

Credit : SBS

Hari kedua persidangan.

Credit : SBS

Ja Hye memperlihatkan catatan telpon penthouse yang membuktikan bahwa Mi Jung masih hidup setelah In Ho keluar dari penthouse. 30 menit setelah In Ho terekam meninggalkan penthouse, ada catatan telpon dari unit milik In Ho yang menelpon sebuah nomor.

Saat ditanya siapa pemilik nomor tersebut, Ja Hye mengatakan orang tersebut adalah saksi di persidangan selanjutnya sekaligus suspect utama kasus tersebut.

Credit : SBS

Kim Jung Soo mungkin bisa menghindari pertanyaan Na Ra, tapi tidak panggilan menjadi saksi di persidangan. Persidangannya akan dilakukan tanggal 5 Februari 2018.

Yang menurut sy agak aneh adalah ekspresinya Jung Soo. Sepertinya dia memang menunggu datangnya kesempatan itu. Sama sekali tidak terlihat kekhawatiran di wajahnya.

Credit : SBS
Credit : SBS

Pertanyaan pertama yang ditanyakan Ja Hye adalah apakah Jung Soo mengenal Yeom Mi Jung.

Kali ini Jung Soo mengaku kenal.

Ja Hye mengomentari jawaban Jung Soo yang berbeda dengan jawaban sebelumnya.

Jung Soo pun mengaku, sebagai pelanggan regular bar yang ia tahu adalah Rachel. Ia baru saja mengetahui bahwa Yeom Mi Jung adalah nama asli Rachel.

Ja Hye lalu menanyakan apa yang dilakukan Jung Soo ditanggal 27 Desember, di hari tewasnya Mi Jung.

Jung Soo mengaku di rumah.

Ja Hye tertawa karena kali ini Jung Soo memberi jawaban yang berbeda lagi.

Jung Soo mengakui kesalahannya. Karena waktu itu, seseorang mengunjunginya dan menanyakan apa yang dia lakukan di tanggal 28 desember dini hari. Hari itu dia memang bekerja, menggantikan shift malam rekannya.

Jung Soo bisa menjawab dengan sangat lancar dan yakin. Dia bahkan menjelaskan alasan kenapa dia ada di depan bar milik Mi Jung malam itu. Jung Soo mengaku datang untuk menunjukkan rasa dukanya yang mendalam atas kematian Mi Jung. Dan dia tidak sanggup untuk masuk ke dalam bar karena merasa sangat sedih.

Ja Hye menyinggung tentang Jung Soo yang malam itu adalah orang yang terakhir berbicara dengan Mi Jung di telpon. Apakah Jung Soo bertemu dengan Mi Jung?

Jung Soo mengaku tidak. Malam itu mereka berbicara kurang lebih 20 menit. Jung Soo mengaku dia merasa agak terganggu karena Mi Jung menelpon di saat ia beristirahat. Tidak ada yang khusus dibicarakan, Mi Jung hanya curhat soal pertengkarannya dengan pacarnya dan langsung berbaikan setelah itu. Jung Soo mengaku dia hanya mendengarkan saja.

Credit : SBS
Credit : SBS

Di sini, terlihat Dong Bae masuk ruang sidang dan Ja Hye jelas melihat kedatangan Dong Bae itu.

Tapi ketenangan Jung Soo mulai goyah ketika Ja Hye mengubah topik pertanyaan. Ja Hye mulai bertanya tentang beasiswa yang didapatnya dari Daemyung Hospital padahal jika sesuai ketentuan, Jung Soo tidak akan bisa mendapatkannya.

Ja Hye menanyakan bagaimana Jung Soo bisa mendapatkan beasiswa tersebut.

Jung Soo menatap Ja Hye sesaat dan menjawab, “Saya menolak menjawab”.

“Haruskan saya yang menjawab?”, tanya Ja Hye lagi.

“Tidak”, jawab Jung Soo cepat.

“Anda punya seorang adik, bukan?”.

Kim Jung Soo lagi-lagi menatap Ja Hye sesaat dan mengatakan, “Hentikan…”.

Ja Hye tidak mau berhenti. “10 tahun yang lalu, adik anda…”.

Credit : SBS

Jung Soo langsung menyerang Ja Hye tapi segera diamankan oleh petugas.

Credit : SBS
Credit : SBS

Ja Hye kembali mengulang pertanyaannya. “10 tahun lalu, apakah anda ingat kasus dimana adik anda diperkosa oleh Tn. K dari sebuag sekolah yayasan dan oleh Tn. S dari rumah sakit utama, yang namanya adalah sebuah nama keluarga?”.

Bersambung…

2 Comments
  1. Tina says

    Ah mb Diaaan knp g ada komen di ending ep 14😭😭😭
    Pdhl aku kepo.. cm baca loh mb blm nonton..hehe..
    G tw mw lanjut nntn g

    1. kdramastory says

      Sebenarnya ada dikomen di sela-sela rekap, sih… Tadinya buru-buru diselesaiin krn pengen lanjut nonton ep. 15. Taunya ga tayangggg… 😭😭😭

      Minggu ini ga enak bgd. Lead female mundur, trus ga tayang… Rasanya setengah semangatku nguap itu aja… 😭😭😭

Leave A Reply

Your email address will not be published.