Rekap/Review Return Episode 16 : What Is That Key?

8

[Rekap/Review Return Episode 15]

 

Rekap/Review Return Episode 16

Kdramastory – Tidak tahu bagaimana caranya mereka melewati penjagaan kamar Joon Hee, tapi Tae Suk dan Hak Beom berhasil masuk.

Mereka akhirnya bisa melihat sendiri bagaimana kondisi Joon Hee. Ada sedikit rasa kasihan yang dirasakan Hak Beom tapi mengingat akan membuat sakit kepala jika Joon Hee sadar, Hak Beom merasa mereka tidak punya pilihan lain.

Tae Suk sempat menyebutkan tentang Kim Jung Soo yang menjadi dokter yang bertanggung jawab merawat Joon Hee.

Hak Beom langsung kesal begitu mendengar nama Jung Soo. Dia bilang tidak bisa memaafkan Jung Soo karena sudah membuat mereka dalam masalah.

Lucu, ya? Bisa-bisanya Hak Beom lupa apa yang sudah dia lakukan pada adik Jung Soo. Kenapa dia ga bisa memaafkan Jung Soo? Lalu apa Jung Soo harus memaafkan perbuatan dia dan melupakan semuanya mentang-mentang kejadiannya sudah 9 tahun berlalu? Memangnya Jung Soo ga boleh berbuat seperti itu padanya? Harusnya dia sadar dan minta maaf pada Jung Soo. Ni orang bener-bener error otaknya.

Tae Suk dan Hak Beom sama-sama ingin tahu, sama penasaran sejauh mana yang diketahui Jung Soo. Tae Suk khawatir sepertinya Jung Soo mengetahui semua yang mereka lakukan.

Sayangnya, mereka tidak bisa menanyakan itu secara langsung pada Jung Soo.

Credit : SBS

Kita tahu tujuan Tae Suk dan Hak Beom menemui Joon Hee. Tapi rencana mereka tidak berjalan lancar karena In Ho tiba-tiba datang. Di balik punggung In Ho, Tae Suk jelas-jelas mendesah kesal. Tapi kemudian, bersama-sama Hak Beom, dia berusaha menghibur In Ho.

Credit : SBS

Sementara itu, In Ho memiliki begitu banyak pertanyaan di benaknya. Kenapa Joon Hee bisa berakhir seperti itu, apakah Joon Hee tidak cerita pada Tae Suk dan Hak Beom tentang Joon Hee yang akan membantunya. Lalu, tentang tasnya yang bisa tiba-tiba dipakai untuk membawa mayat Mi Jung. In Ho bingung karena tasnya ada di penthouse dan penthouse hanya bisa diakses oleh mereka saja.

Hak Beom langsung kesal karena merasa seolah dituduh. *Heol, padahal mah emang iya, ya…*

Tae Suk meralat, bukan hanya mereka berempat saja, tapi berlima, termasuk Mi Jung. Ia juga menyebutkan tentang Jung Soo yang tinggal di lantai bawah penthouse mereka.

Hak Beom tiba-tiba menyela. Menuduh Jung Soo yang sudah menjebak mereka.

In Ho langsung heran. Kenapa Hak Beom mengatakan ‘mereka’, harusnya cuma dia, kan?

Untungnya Hak Beom bisa mencari alasan dan In Ho percaya begitu saja pada Hak Beom.

Tae Suk menanyakan bagaimana hubungan In Ho dengan Na Ra.

In Ho mendesah sedih dan menggelengkan kepala.

Sy heran kenapa Tae Suk kepo hubungan In Ho dengan Na Ra. Masih ingat di awal-awal dulu, sempat diduga Tae Suk punya perasaan juga pada Na Ra.

Credit : SBS
Credit : SBS

Sepertinya Jung Soo tidak bekerja sendirian. Terbukti dia seperti mendapat perintah melalui chat di laptopnya. Chatting hanya satu arah. Jung Soo hanya menerima perintah tanpa membalas sekali pun.

Hari itu, setelah diingatkan untuk tidak melakukan kesalahan, Jung Soo membawa laptopnya ke sebuah tempat pegadaian.

Sementara itu, Dokgo mulai melakukan penyelidikan tentang Jung Soo. Selain meminta forensik memeriksa rambut yang ia temukan di kamar mandi Jung Soo, ia juga meminta Woo, salah satu anak buahnya, untuk memeriksa CCTV penthouse.

Credit : SBS

Ada satu rekaman yang mencurigakan. Satu hari sebelum mayat Mi Jung ditemukan, pukul 3 pagi, Jung Soo terekam membawa tas contrabass-nya melalui lift.

Tepat di saat Dokgo mendapatkan kabar hasil DNA rambut yang ternyata bukan milik Mi Jung, Jung Soo muncul di kantor polisi untuk menyerahkan diri atas kejahatannya membunuh Mi Jung.

Di tempat lain, Na Ra mencari tahu tentang Kim Soo Hyun yang kini dirawat di rumah sakit jiwa. Informasi dari perawat, Soo Hyun takut terhadap bayangan.

Btw, menurut sy agak aneh. Kalau memang Soo Hyun takut terhadap bayangan, kenapa kamarnya malah remang-remang? Bukannya harusnya dibuat terang saja supaya Soo Hyun tidak histeris karena ketakutan?

Credit : SBS
Credit : SBS

Na Ra yang melihat Soo Hyun sakit jiwa, sangat syok. Pulang ke rumah, In Ho malah memaksanya berbaikan. Alasannya demi Dal Rae. In Ho bahkan berniat memecat pembantu yang sudah biasa bekerja di rumah mereka hanya karena rumah terlihat tidak sama seperti dulu.

Na Ra tentu saja emosi. Bukan hanya karena masalah Mi Jung atau masalah In Ho yang memecat orang begitu saja, tapi juga masalah Kim Soo Hyun. Na Ra tidak habis pikir kenapa In Ho melakukan itu?

Credit : SBS
Credit : SBS

In Ho yang tadinya tidak bisa menjelaskan, mencoba kembali menemui Na Ra yang sedang di kamar Dal Rae.

In Ho menjelaskan bagaimana ia mencoba menjadi seorang pria yang baik, seseorang yang baik paling tidak untuk Na Ra dan Dal Rae. Atau Na Ra boleh menganggapnya mencoba menjadi seseorang yang baik demi tetap di sisi Na Ra dan Dal Rae.

In Ho mengakui bahwa dia bukan seseorang yang baik dan itu membuatnya cemas, takut suatu saat Na Ra akan melihat sisi terburuk dari dirinya.

In Ho juga menjelaskan alasannya berselingkuh. Dia mengakui awalnya karena merasa familiar dengan Mi Jung sampai akhirnya terjebak dan tidak bisa keluar lagi.

Na Ra yang tidak sanggup mendengar lagi, mengusir In Ho keluar.

Rekap/Review Return Episode 16

Sementara itu, Dokgo mulai frustasi karena setelah 7 jam menyerahkan diri, Jung Soo tidak kunjung mengatakan sepatah kata pun. Seharusnya Jung Soo menceritakan apa, kapan, dimana, dan bagaimana Jung Soo membunuh Mi Jung.

Dan yang lebih membuat Dokgo frustasi, walaupun Jung Soo menyerahkan diri, tidak ada satu pun bukti yang menunjukkan bahwa Jung Soo melakukannya dan bahkan Jung Soo punya alibi. Dokgo benar-benar frustasi. Sebenarnya permainan apa yang sedang dilakukan Jung Soo?

Lagi-lagi, Jung Soo hanya diam.

Credit : SBS

 

Dokgo berpikir akan mendapatkan titik terang dari kunci yang ditemukannya di rumah Jung Soo. Dari huruf ‘H’ yang terukir di kunci, Dokgo teringat nama tempat yang ia lihat di pajangan rumah Jung Soo.

Dokgo pun ke sana dan apa yang ia temukan?

Credit : SBS

Sebuah kotak yang bertuliskan ‘Mudah pecah, Supply Medis’. Dokgo berpikir dia sudah menemukan Rocuronium tapi kenyataannya, yang ia temukan hanyalah permen!!!

Credit : SBS

Dokgo sangat marah. Mungkin saja dia sudah menghajar Jung Soo kalau saja tidak ada yang mencegahnya. Dokgo ingin tahu dimana tiga botol Rocuronium karena satu botol pasti sudah dipakai untuk membunuh Mi Jung.

Tapi, dengan sangat tenang, Jung Soo mengatakan, tugas Dokgo lah menemukannya. Jung Soo yang ternyata tahu hukum, mengatakan kalau seseorang menyerahkan diri tapi tidak didukung dengan alat bukti, maka orang tersebut bisa dinyatakan tidak bersalah.

Dengan tenang, Jung Soo menyuruh Dokgo mencari lagi karena waktu Dokgo tinggal 30 jam lagi.

Credit : SBS
Credit : SBS

Di saat Dokgo menahan marah, Jung Soo malah tersenyum penuh kemenangan.

Di sisi lain, Dong Bae masih menyelidiki hilangnya Byung Gi. Kali ini dia memeriksa loker Byung Gi. Tidak ada benda yang mencurigakan.

Sebelum pergi, Dong Bae memberikan kartu namanya kepada rekan Byung Gi, meminta supaya menghubunginya jika teringat sesuatu.

Credit : SBS
Credit : SBS

Sepeninggal Dong Bae, rekan Byung Gi mendapatkan sms dari Byung Gi. Dia sampai terlonjak kaget.

Isi pesan, menyuruhnya memeriksa jas yang ada di lokernya dan mengambil USB.

Dengan membawa USB milik Byung Gi, rekan Byung Gi menemui In Ho di rumahnya.

Credit : SBS
Credit : SBS

Awalnya In Ho tidak tertarik menerima USB itu karena rekan Byung Gi menyebutkan isi USB itu tentang sahabat In Ho dan ada kaitannya dengan persidangan In Ho. Terlebih lagi rekan Byung Gi itu meminta uang.

In Ho baru tertarik begitu rekan Byung Gi mengatakan isi USB itu kemungkinan bisa mengungkapkan pembunuh yang sebenarnya.

In Ho benar-benar menerima USB itu dan melihat isinya.

Credit : SBS
Credit : SBS

In Ho syok. Isi USB itu adalah rekaman black box ketika Tae Suk, Hak Beom dan Joon Hee memindahkan koper yang berisi mayat Mi Jung…

Credit : SBS

Seorang wanita yang berdiri di dalam keremangan, memotong rambutnya hingga pendek. Terlihat ada foto Mi Jung dan banyak informasi lainnya yang ditempel di dinding ruangan.

Credit : SBS
Credit : SBS

Wanita itu adalah Ja Hye (yang kini diperankan oleh Park Jin Hee, bukan Ko Hyun Jung). Ja Hye memiliki Rocuronium.

Tetapi hanya ada dua botol saja…

Bersambung…

 

Komentar :

Cuma dua botol? Kalau ada tiga botol yang tersisa, dimana satu lagi?

Jadi, seperti itulah cara Ko Hyun Jung diganti oleh Park Jin Hee. Karakter Choi Ja Hye tetap ada, tapi hanya diganti pemerannya saja dengan mentransformasi style rambut. Seperti dugaan beberapa orang di forum, alasan KHJ bertengkar dengan PD-nim karena perubahan karakternya. Dan memang karakter Ja Hye berubah dari ‘hanya’ seorang pengacara menjadi ‘otak’ perencana kejahatan.

Di awal nonton dulu, sama sekali tidak terbersit Ja Hye sebagai tokoh utama dari kasus Mi Jung yang kemudian diikuti dengan kekacauan yang dialami In Ho dan ketiga sahabatnya. Sy pikir, Ja Hye hanya seorang pengacara yang bertugas mengungkapkan siapa pelaku sebenarnya.

Ingat acara ‘Return’ yang dibawakan Choi Ja Hye di televisi? Dengan diperlihatkan Ja Hye membawa acara seperti, sy pikir Ja Hye adalah seorang pengacara yang tidak ingin orang yang tidak bersalah dihukum karena kesalahan investigasi polisi. Ingat Ja Hye bahkan sempat menyindir Dokgo?

Sy pikir, alasan Ja Hye menerima In Ho sebagai kliennya karena In Ho adalah suaminya Na Ra. Kalau Na Ra yakin In Ho tidak melakukannya, pastinya Ja Hye akan berusaha keras membuktikan ketidakbersalahan In Ho.

Walaupun di tengah-tengah penyelidikannya bersama Na Ra, memang ada keanehan pada Ja Hye, tapi ga pernah terpikir akan jadi seperti sekarang.

Memang terlalu awal, sih menduga Ja Hye sebagai ‘otak’nya hanya dari se-uprit scene di ending episode 16. Bisa jadi hanya kebetulan Ja Hye punya dua botol dan kebetulan juga Dokgo sedang mencari tiga botol rocuronium yang lainnya. Kita belum tahu apakah benda yang dicari adalah benda yang sama? *Masih berusaha berpikir positif*

Tapi, ada yang berpendapat, sebenarnya perubahan karakter Ja Hye sudah ada ‘clue’nya sejak awal. Mulai dari Ja Hye yang sengaja mengundang In Ho cs ke pembukaan kantor hukumnya, Ja Hye yang menawarkan Na Ra bekerja di firmanya, lalu setelah In Ho ditangkap, Ja Hye juga sempat mempertanyakan alasan Na Ra menikahi In Ho. Dan Ja Hye juga mengajukan syarat Na Ra menjadi asistennya untuk kasus In Ho.

Ada yang berpendapat, Ja Hye memang sudah tahu kasus 9 tahun yang lalu. Dan apa yang terjadi pada Mi Jung, tujuannya hanya untuk membuat kasus tersebut menjadi perhatian kembali. Dengan memanfaatkan kasus Mi Jung, Ja Hye juga membuat keempat sahabat ini menjadi tidak saling percaya.

Kalau memang itu salah satu tujuannya, Ja Hye berhasil. Gara-gara masalah Byung Gi, Hak Beom dan Tae Suk bertengkar. Gara-gara kasus Mi Jung, kini In Ho jadi tahu bagaimana sebenarnya ketiga sahabatnya itu.

Sepertinya setelah melihat rekaman blackbox itu, In Ho jadi tidak percaya lagi pada Tae Suk, Hak Beom atau pun Joon Hee. Tapi, mudah-mudahan saja In Ho cukup pintar untuk tidak menkonfrontasinya langsung pada mereka. Sebaiknya, In Ho memahami situasinya dulu sebelum mengambil tindakan.

Btw, setelah diperhatikan, screenshot dua botol yang diletakkan Ja Hye di atas meja, ada isinya atau engga ya? Kok, kayak udah kosong…

Lalu, perhatikan foto di belakang botol itu. Satu foto wanita, satu foto pria. Yang wanita kayaknya foto Mi Jung dan yang pria… Apa dia seniornya Dokgo? Detektif yang dulu menangani kasus adiknya Jung Soo… Iya, ga sih?

Kalau iya, apa hubungannya dengan Ja Hye? Kenapa Ja Hye menyimpan fotonya? Apa dia target berikutnya?

Jung Soo ternyata tidak bekerja sendirian. Dia bertindak sesuai perintah seseorang. Apakah seseorang itu memang benar Ja Hye?

Kalau Jung Soo sengaja menyerahkan diri dengan mengaku sudah membunuh Mi Jung sementara bukti dan alibi tidak sesuai, itu artinya Jung Soo cukup percaya diri. Yakin tidak akan tertangkap karena sebenarnya dia punya komplotan. Mungkin dia yang membunuh Mi Jung, membawa mayat Mi Jung keluar dari penthouse. Tapi di malam Mi Jung ditemukan, bukan Jung Soo yang meletakkan koper di tengah jalan karena malam itu Jung Soo ada acara.

Oiya. Awalnya sy ga begitu perhatian tentang Jung Soo yang melihat jas dokternya dengan rapi dan menyimpannya di lemari. Sy pikir scene itu ga terlalu penting.

Tapi, berkaitan dengan chatting dari seseorang yang mengingatkan Jung Soo untuk tidak membuat kesalahan, lalu Jung Soo pergi ke tempat pegadaian untuk menggadaikan laptopnya, sepertinya scene itu menunjukkan bahwa Jung Soo memang sudah siap menyerahkan diri. Seolah menunjukkan bahwa penyerahan diri Jung Soo memang sudah dipersiapkan. Sudah dikalkulasikan dan yakin akan bebas karena polisi tidak menemukan barang bukti.

Setelah Dong Bae mengaku dijebak, sy tidak lagi mencurigai Dong Bae. Tapi di episode 15, ketika Jung Soo keluar dari ruang interogasi, dia sempat bersitatap dengan Dong Bae sekilas. Sepertinya mereka punya suatu hubungan.

Di forum bahkan ada yang menyebutkan bahwa USB yang ada di loker Byung Gi, sebenarnya diletakkan oleh Dong Bae. Dengan memanfaatkan tugasnya menyelidiki hilangnya Byung Gi, Dong Bae bisa berpura-pura memeriksa loker Byung Gi dan diam-diam menaruh USB itu di sana.

Bisa jadi, kan?

Masih misteri bagaimana ponsel Byung Gi masih aktif. Sy lupa, apa sebelumnya pernah disebutkan bagaimana Tae Suk dan Hak Beom mengatasi masalah ponsel Byung Gi. Seingat sy sudah di-off-kan. Hanya saja tidak tahu apakah dibuang, dibakar sekalian dengan blackbox, ataukah dikubur sekalian dengan Byung Gi…

Tentang Soo Hyun yang takut dengan bayangan. Di forum, ada yang mempertanyakan kenapa Soo Hyun takut bayangan. Bisa jadi kejadian 9 tahun lalu yang diperlihatkan kepada kita belum seutuhnya.

Malahan ada yang bilang bayangan yang ditakuti Soo Hyun itu sebenarnya Tae Suk. Ada yang berpendapat, Joon Hee tidak melakukannya mengingat Joon Hee yang dalam pengaruh obat-obatan, berdiri pun tidak sanggup…

Uhmmm… sebenarnya sedikit kecewa dengan perubahan karakter Ja Hye, penggantian castingnya, ditambah dua minggu ini hanya tayang satu hari saja. Semakin hilang semangat dan semakin surut rasa penasaran… Terlebih karena ada drama lain yang ternyata lebih menarik. Ada yang nonton drama ‘Misty’? Drama ini keren bgd. Nanti, kalo mood-nya ada, pengen bgd diobrolin di blog…

Btw, masih pada semangat ngikutin drama ‘Return’?

Seperti yang sy ceritakan di postingan sebelumnya, setelah berita penggantian casting, banyak komentar yang menyayangkan, marah dan memutuskan tidak mengikuti drama ini lagi.

Tapi komentar tinggallah komentar. Pada kenyataannya, ratingnya lebih tinggi dari minggu sebelumnya, bahkan di scene kemunculan Park Jin Hee yang menggantikan Ko Hyun Jung, rating tercatat mencapai 20%.

Apakah kenaikan ini akan tetap terjadi di minggu selanjutnya? Kita lihat saja ya…

[Rekap/Review Return Episode 17]

8 Comments
  1. Amalia says

    Wah makin penasaran sama kelanjutannya. Kak, lanjutin yaaa… semangat!!! 😚

    1. kdramastory says

      Oke…

  2. Tyaa says

    Iyaa tetep lanjutin aja sinopsnya karena ini drama bener-bener bikin penasaran dan bikin banyak spekulasi, sama dehh aku jga sempet gondok karena terlalu lama libur tayangnya di sbs-in. Fighting eonnie^^

    1. kdramastory says

      Oke… hari ni diupload…

  3. Lita says

    Lanjutin ya kak,, masih penasaran dengan perjalanan ceritanya..
    Btw, aq jg ngikutin misty.. Baru beberapa episode awal cukup seru jg ceritanya

    1. kdramastory says

      Oke… kalo msh ada yg ngikutin, dilanjutin…

      Klo mnrt sy, misty lebih bagus jalan ceritanya. Misterinya dapet, melo-nya jg dpt…

  4. Novi says

    Alhamdulillah jd lebih ngerti sm jalan ceritanya… Sy masih semangat mba ngikutin jalan ceritanya krn masih penasaran sm siapa pembunuh mi jung dan bagaimana kejahatan tae suk akan terbongkar. Jangankan go hyun jung sy aja kecewa kalo karakter ja hye berubah seperti itu (klo smp bener). Tp untungnya pemerannya d ganti, ga rela klo go hyun jung jd otak kejahatan seperti itu 😧😧😭

    1. kdramastory says

      Bener juga ya… sisi positifnya untungnya KHJ diganti. Jadi dia ga meranin peran jahat… Very good point!!! Sy jd ga begitu kecewa lagi…

Leave A Reply

Your email address will not be published.