Update Sinopsis Drama Korea Terbaru

Review Man Who Sets The Table Episode 1 & Episode 2

6

Kdramastory – Review Man Who Sets The Table Episode 1 & Episode 2

Terus terang, karena drama ‘Father Is Strange‘, sy jd ketagihan drama bergenre family. Walaupun awal nonton ‘Father Is Strange’ dulu hanya karena Lee Joon, tapi untuk sekarang, murni karena sy ingin mencobanya lebih dulu. Kalau ga membosankan, akan lanjut. Sebaliknya kalo di tengah-tengah merasa bosan, akan sy drop.

Menggantikan drama ‘You Are Too Much‘, ‘Man Who Sets The Table‘ adalah drama weekend MBC terbaru yang tayang minggu pertama September ini. Mengusung genre yang hampir sama, drama ini tayang bersamaan dengan drama weekend lain di KBS2, yaitu ‘My Golden Life‘. Perbedaannya, My Golden Life bergenre family romance, sedangkan Man Who Sets The Table bergenre family romcom.

Drama ini diarahkan oleh PDnim Joo Sung Woo (Monster, The Legendary Witch, Hundred Years Inheritance) bekerja sama dengan SWnim Park Hyeon Ju (Flower Of Queen, Wonderful Mama). Meskipun ratingnya lebih kecil dibandingkan drama saingannya, tidak ada salahnya mengintip gimana, sih cerita drama ini. Bagi sy, rating bukanlah segala-galanya dalam memilih sebuah drama.

Disclaimer : Review ini hanya opini dari sudut pandang pribadi sy saja, ya. Tujuannya hanya untuk membantu memberikan gambaran plot cerita episode awal dari drama ini. Postingan ini bisa sebagai pertimbangan teman-teman sebelum memutuskan untuk menonton. Smoga bisa sedikit membantu, ya…

PERKENALAN PEMAIN :

Seperti umumnya drama episode panjang dan bergenre family, drama ini juga punya banyak pemain/karakter. Sy akan perkenalkan satu persatu berikut juga hubungan mereka. Untuk postingan review kali ini, sy tidak akan menuliskan plot ceritanya secara khusus melainkan disisipkan di setiap karakter pemain.

Langsung aja, ya…

Lee Roo Ri diperankan oleh Choi Soo Young.

Lee Roo Ri memiliki hubungan yang buruk dengan ayahnya karena dianggap bodoh dan tidak memiliki kemampuan, sama seperti ibunya. Meskipun sudah berjuang dengan sangat keras untuk memenuhi ekspektasi ayahnya, jika gagal, ayahnya sama sekali tidak menganggap perjuangan Roo Ri. Karena sifat ayahnya yang sangat keras, ayah tidak lagi menjadi cinta pertama Roo Ri. Cinta pertama Roo Ri berakhir begitu saja.

Nama Roo Ri sendiri memiliki arti mampu mencapai/mendapatkan semuanya tapi karena Roo Ri selalu gagal, ayah selalu meremehkannya, percuma saja Roo Ri diberi nama Roo Ri. Karena ayah menganggapnya anak bodoh, Roo Ri pun menilai dirinya sendiri seperti itu.

Seorang anak yang bodoh, itulah dirinya. Tidak mewarisi kepintaran ayahnya yang sukses sebagai seorang direktur, tidak mewarisi kecantikan seperti ibunya, dan tidak juga mewarisi kepintaran kakaknya yang seorang dokter. Itulah dirinya.

Puncaknya ketika Roo Ri yang sudah tiga tahun mencari pekerjaan, gagal interview di perusahaan besar, Guam Visitors Bureau. Sebenarnya Roo Ri bukan tidak lulus interview tapi datang terlambat karena mengalami suatu kejadian di kereta api bawah tanah.

Kegagalan untuk yang sekian kalinya membuat Roo Ri semakin yakin bahwa dirinya memang benar-benar anak bodoh dan tidak punya kemampuan, persis seperti apa yang dikatakan ayahnya…

Karena gagal interview lagi, Roo Ri pun memutuskan mengikuti keputusan ayahnya, yaitu menikah dengan Myung Tae. Tapi ternyata, di hari yang sama Roo Ri menangkap basah Myung Tae menghabiskan malam bersama wanita lain, bernama Ae Ri.

Di hari itu juga Myung Tae memutuskan Roo Ri. Dia lebih memilih Ae Ri. Dan yang lebih menyakitkan lagi, Myung Tae mengucapkan kata-kata yang sama seperti kata-kata ayahnya. Myung Tae juga mengatainya bodoh, tidak cantik, pengangguran dan juga pemarah. Roo Ri benar-benar sedih, menatap pantulan dirinya di depan cermin…

Hari itu, Roo Ri hampir saja melompat dari atap gedung tapi entah dari mana tiba-tiba ada koran yang terbang mengenai kakinya. Koran itu memberitakan tentang seorang pencari kerja yang lompat dari gedung dan menewaskan pejalan kaki yang melintas.

Roo Ri segera menyadari di bawah sana banyak pejalan kaki dan ia tidak ingin bunuh dirinya malah membunuh orang lain. Saat itu juga semangat Roo Ri kembali bangkit. Untuk pertama kali dalam hidupnya, ia membuat sebuah keputusan tanpa sepengathuan ayahnya…

Jung Tae Yang diperankan oleh Oh Joo Wan.

Tae Yang adalah seorang pemuda yang baik, ramah, dan selalu berpikir positif.

Pertemuan pertamanya dengan Roo Ri di kereta apa bawah tanah, sebuah pertemuan yang benar-benar sial untuknya. Tae Yang sebenarnya ingin menolong Roo Ri yang ujung roknya terjepit di antara pintu kereta, tapi karena sentakan kereta, Tae Yang terdorong ke depan dan tidak sengaja memegang b***ng Roo Ri.

Tentu saja Roo Ri menjerit sambil mengatai Tae Yang mesum. Habislah Tae Yang dipukuli oleh sekelompok paruh baya yang sepertinya akan pergi piknik bersama. Dan tidak sengaja karena saling mendorong, tempat minum salah seorang dari mereka terlempar dan isi tumpah tepat mengenai bagian depan celana Tae Yang.

Tae Yang langsung berteriak kesakitan karena isinya air panas. Duhhhh kesian bgd…

Begitu kereta berhenti, ia langsung diserahkan ke polisi dan diseret pergi. Padahal Tae Yang sudah memohon dipanggilkan ambulance, bukan polisi…. Ahahahaha…

Untungnya kemudian ada saksi mata yang merekam dan Tae Yang tidak jadi dituntut. Tapi gara-gara kejadian itu, Tae Yang mengalami luka bakar dibagian tubuhnya yang paling vital. Ibu Tae Yang sampai panik, khawatir putranya tidak akan bisa menikah bahkan berkencan. Lucu bgd ekspresi Tae Yang di sini… 😀

Sekarang, kita kenalan dengan keluarga Roo Ri dulu…

Lee Shin Mo, ayah Roo Ri yang diperankan oleh Kim Kap Soo.

Seorang ayah dan suami yang otoriter. Istri dan anaknya harus mendengarkannya dan mengikuti keputusannya, tidak boleh protes sama sekali. Seluruh hidup mereka diatur dan diputuskan olehnya karena ayah menganggap itulah yang harus ia lakukan sebagai seorang suami dan seorang ayah.

Ayah memiliki standar yang tinggi dalam hal apa pun dan tidak men-tolerir kegagalan. Dan ia menganggap istrinya dan Roo Ri adalah orang bodoh yang tidak punya kemampuan.

Sewaktu kantor ayah… atau sebut saja Tn. Lee ya karena dalam bayangan sy, ayah masih sosok ayah di Father Is Strange… Tn. Lee tidak mengizinkan istrinya datang ke acara seremoni pensiunnya, Roo Ri juga tidak boleh diberitahu. Yang datang ke acara tersebut hanya kakak Roo Ri yang seorang dokter dan istrinya yang kaya.

Hong Young Hee, ibu Roo Ri yang diperankan oleh Kim Mi Sook.

Seorang ibu rumah tangga biasa yang penurut. Selama ini tidak pernah sekali pun membantah ucapan suaminya meskipun sangat menyakitkan. Masak, sih seorang suami mengatai istrinya sendiri pelac*r karena berdandan sedikit terbuka di depan suaminya sendiri?

Sampai akhirnya, Ny. Hong memutuskan ingin lulus pernikahan dari Tn. Lee. Yang tentunya ditolak mentah-mentah oleh Tn. Lee. Tn. Lee tidak terima. Memangnya apa salahnya? Tn. Lee merasa ia sudah berbuat yang terbaik untuk istri dan anak-anaknya.

Tn. Lee bersama So Won dan keluarga istri So Won sampai membuat pertemuan untuk membujuk Ny. Hong mengurungkan niatnya itu. Tapi karena Ny. Hong tetap pada keputusannya, Tn. Lee pun semakin marah dan menantang ingin bercerai, bukan lulus dari pernikahan.

Dengan keputusan yang sangat bulat, Ny. Hong dan Tn. Lee pergi memasukkan aplikasi perceraian mereka. Merasa tidak dihargai dan tidak dibutuhkan lagi oleh istrinya sendiri, Tn. Lee tidak peduli. Menyerahkan semuanya urusan pada istrinya.

Lee So Won, kakak laki-laki Roo Ri, diperankan oleh Park Jin Woo.

Bekerja sebagai seorang dokter dan merupakan anak yang sangat dibanggakan oleh Tn. Lee. So Won adalah seorang anak penurut yang bahkan bersedia menikah dengan wanita yang tidak dicintainya karena disuruh oleh Tn. Lee.

Alasan Tn. Lee menikahkan So Won dengan Yeon Joo adalah demi masa depan So Won. Yeon Joo dan ibunya memiliki sebuah gedung yang dijadikan rs. Tanpa perlu bersusah payah, So Won bisa bekerja di sana.

Ha Yeon Joo, istri So Won diperankan oleh Seo Hyo Rim dan Ny. Yang Choon Ok, ibu Yeon Joo diperankan oleh Kim Soo Mi.

Sepertinya mereka OKB. Dulu Ny. Yang harus bekerja sangat sangat keras sehingga bisa hidup kaya seperti sekarang. Kerjaan mereka sehari-hari hanyalah berbelanja barang mewah dan ‘norak’ atau kalau tidak, memeriksa gedung milik mereka secara berkala.

Lalu sekarang, kita kenalan dengan keluarga Tae Yang.

Hwa Young Hwan Young, ibu Tae Yang yang diperankan oleh Lee Il Hwa.

Seorang pelatih senam yang walaupun sudah paruh baya tapi tetap syeksehhhh dan awet muda… Hwa Young adalah seorang ibu modern yang terbuka, bisa bicara apa pun dengan anak-anaknya. Ia bahkan tidak malu bermesraan dengan pasangannya di depan anak-anaknya.

Go Jung Do, pasangan Hwa Young yang diperankan oleh Shim Hyung Tak.

Seorang pria bertubuh atletis, sepertinya suka ngegym dan sangat pintar memasak. Kalo di Indonesia, mirip Chef Edwin lah…

Hwa Young dan Jung Do menikah tidak resmi dan sudah tinggal bersama-sama selama 1 tahun. Hwa Young membawa dua orang anak, Tae Yang dan Woo Joo yang berbeda ayah dan Jung Do membawa seorang anak perempuan yang sebenarnya keponakannya bernama Eun Byeol. Eun Byeol diregistrasi atas nama dirinya dan oleh sebab itulah Eun Byeol memanggilnya ayah. Kedua orang tua Eun Byeol sudah meninggal karena kecelakaan.

Kim Woo Joo, adik tiri Tae Yang yang diperankan oleh Song Kang.

Baik, tampan, dan populer di antara gadis-gadis. Jago judo bahkan sudah tingkat sabuk hitam tapi sebenarnya lebih menyukai merajut. Kamarnya sangat rapi, tak ada cela.

Suatu hari, Jung Do tidak sengaja menemukan rajutan yang dipakai untuk cuci piring di dalam laci Woo Joo. Jung Do curiga dan bicara dengan Hwa Young. Hwa Young menanggapinya dengan tenang. Menurutnya, rajutan itu mungkin Woo Joo beli dari nenek-nenek yang berjualan di stasiun kereta bawah tanah.

Go Eun Byeol, keponakan Jung Do diperankan oleh Kim Ji Young.

Kedua orang tuanya sudah meninggal sejak kecil. Meskipun terlihat tegar di luar, sebenarnya Eun Byoel rapuh. Ia sangat merindukan kedua orang tuanya dan masih menyimpan foto mereka karena takut akan lupa bagaimana wajah kedua orang tuanya.

Eun Byeol sangat dekat dengan Woo Joo. Ia memanggil Woo Joo dengan panggilan ‘Eonni’ padahal Woo Joo itu cowok… Kebalikan dari Woo Joo, Eun Byeol itu sangat tidak rapi. Kamarnya super berantakan, seperti kapal pecah… 😀

Walaupun hubungan keluarga Tae Yang sangat rumit, tapi mereka sangat akrab dan dekat satu sama lain. Tidak ada kecemburuan sama sekali di antara mereka karena yang paling penting bagi mereka, jika orang lain bahagia maka mereka juga akan bahagia.

Lalu bagaimana lanjutan cerita Roo Ri dan Tae Yang?

Karena gagal interview di perusahaan Gaum Visitors Bureau, Roo Ri nekad langsung pergi ke sana dan bekerja sebagai pekerja kontrak. Roo Ri tidak menceritakan kegagalannya pada orang tuanya. Setelah 6 bulan bekerja di sana, Roo Ri kembali bertemu dengan Tae Yang yang ternyata manager di sana. Tae Yang memang cuti sangat lama karena insiden kereta api itu. Jadi selama 6 bulan Roo Ri bekerja di sana, tidak pernah sekali pun bertemu dengan Tae Yang.

Dan kini nasib Roo Ri tergantung pada keputusan Tae Yang. Roo Ri harus meminta maaf dan sampai memohon-mohon supaya tidak dipecat dan kontraknya bisa diperpanjang.

Masalah itu belum selesai, muncul masalah baru. Myung Tae dan Ae Ri berlibur ke resort Guam dan mereka ingin pihak resort membantu menyiapkan acara lamaran.

Masalah muncul karena Roo Ri terpaksa harus membantu menyiapkan acara itu. Tae Yang sudah curiga, sempat menanyakan hubungan Roo Ri dengan Myung Tae dan Ae Ri, tapi Roo Ri tidak menjelaskan apa-apa.

Sampai akhirnya pertengkaran meledak di tengah-tengah acara. Gara-garanya Ae Ri muncul ke acara hanya dengan menggunakan jubah mandi. Alasannya gaun yang sudah disiapkan sudah dirusak oleh Roo Ri.

Pertengkaran pun tak terelakkan. Mereka bahkan berkelahi sampai jatuh ke dalam kolam. Roo Ri menjambak Ae Ri dan Myung Tae menjambak Roo Ri. Tae Yang sampai harus ikut masuk ke kolam untuk melerai mereka tapi malah terjebak di antara mereka. Ahahahaha…

Hidung Myung Tae sampai berdarah karena kena sikut pacarnya sendiri saat ingin melerai… Ahahaha…

Keadaan malah semakin kacau. Sampai akhirnya GM mereka pun datang…

Sementara itu, seorang wanita paruh baya terbang ke Korea didampingi asistennya. Wanita itu sepertinya orang penting dan ingin bertemu dengan seseorang yang sangat dicintainya. Dan orang tersebut adalah Jung Do.

Malam itu, Ny. Hong sudah mengemasi pakaiannya. Malam itu, Tn. Lee pulang dalam keadaan mabuk. Tn. Lee baru pulang dari upacara pemakaman temannya dan di sana ia mendengar obrolan teman-temannya yang tidak ingin tinggal sendirian di masa tua. Seharusnya mereka bersyukur masih memiliki istri yang merawat mereka.

Dalam keadaan mabuk, Tn. Lee mencengkeram Ny. Hong, menyudutkannya ke lemari. Tn. Lee bertanya, “Apa kau pikir aku akan membiarkanmu pergi? Kau akan selalu menjadi istriku, hidup atau mati. Bercerai?! Siapa yang mau?! TIDAK AKAN PERNAH TERJADI!!!”, teriaknya…

Di minggu pertama penayangannya, drama ini memperoleh rating 8.9% untuk episode pertama dan 9.8% untuk episode kedua. Lebih rendah dari penayangan perdana drama sebelumnya, ‘You Are Too Much’. Walaupun begitu, sy merasa drama ini lebih menarik daripada drama sebelumnya. Kesannya lebih ‘fresh’ karena banyak bgd unsur humornya.

Mulai dari pertemuan pertama Roo Ri dan Tae Yang yang kocak bgd di kereta api… Ahahaha… Kocak menurut kita tapi sial bgd buat Tae Yang… 😀 Trus Tae Yang diseret sama polisi, sampai paniknya ibu Tae Yang… Waktu pertemuan Roo Ri dan Tae Yang di Guam juga lucu.

Waktu Roo Ri tau apa sebenarnya terjadi pada Tae Yang, Tae Yang lukanya dimana, Tae Yang yang cacat sebagai seorang laki-laki, Roo Ri sampai nangis bombay. Dia sampai minta maaf dan merasa sangat bersalah pada Tae Yang. Roo Ri bersedia melakukan apa pun yang diminta Tae Yang.

Di depan Roo Ri, Tae Yang memang marah, tapi di belakang Roo Ri, dia malah senyum. Lucu kali liat tingkah Roo Ri… Dan sy suka liat ekspresi Tae Yang di sini. Aihhhh…

Trus, sy juga suka ekspresi Tae Yang waktu tau apa yang dilakukan Myung Tae pada Roo Ri. Tae Yang mendengarkan semuanya sewaktu Roo Ri dan Ae Ri bertengkar. Smoga setelah ini, sikap Tae Yang akan sedikit berubah pada Roo Ri, ya.

Dari segi cerita, drama ini lumayan menarik buat sy. Apalagi karena ada Ohn Jo Wan yang waktu itu pernah jadi second lead di ‘Beautiful Gong Shim’. Waktu itu sempat baper dan bingung, milih dia atau Nam Gong Min… Dan kebeneran, di sini ada dia lagi. Jadi mungkin, sepertinya sy akan mengikuti drama ini.

Kalo ditanya makjang atau engga, menurut sy sih tidak. Sy belum melihat sisi makjangnya dalam drama ini. Di dalam sebuah artikel, sewaktu Kim Kap Soo (yang berperan jadi ayahnya Roo Ri) ditawarkan naskah drama ini, Kim Kap Soo nanya dulu, apa dramanya akan makjang atau tidak. Karena katanya, setiap menerima tawaran naskah, Kim Kap Soo selalu menanyakan pertanyaan yang sama.

Karena saat itu PD-nim mengatakan tidak dan berjanji akan membuat drama keluarga yang bagus, Kim Kap Soo pun menerima tawaran naskah drama ini. Jadi, kita lihat aja nanti, gimana lanjutan drama ini…

[Man Who Sets The Table Episode 3]

6 Comments
  1. Omy says

    Sebenernya sy malas nonton drama panjang..tp sepertinya drama ini menarik ceritanya..para pemainnya jg heheh..trimakasih..ditunggu sinopsisnya…

    1. kdramastory says

      Masih belum tahu mau dibikin sinopsis ato engga… Mungkin review aja ya dulu… 🙂

  2. Tina says

    Wowh mb Diaaan udh nonton ini juga..banyak jg yg ditonton mb dian..tp dri review ini aku tertarik buat nntn..awal cerita menarik bgt y..
    Soo Young mau y main drama panjang…lgi g ada scedule dg grupnya kali y.. biasanya kan klo anggota gilr band g main drama keluarga cz kepanjangan..
    Oh Joo Wan dri review aja udh awesome bgt aplgi nntn y..sukaaa..
    Aplgi ada mamah cantik nan seksi Lee Il Hwan ikon Reply Series..pokoknya mama keren euh..aku pas liat foto2 dia yg liburan brg crew R 88 di Thailand beuehhh seksi bgt dri blkg ky umur 20an dan tetep cantik😍😍..dri jaman prescutor princess aku liat dia…
    Cocok dia klo diksh peran yg ky begini mama gaul cantik n seksi ky aslinya😘 aplgi pasangannya Shim Hyung Tak keren euh biasanya kan dipasangkan sm ahjussi setengah baya skrg dpt cowo kece asyiiik🤣.bakal seru neh klo nntn..
    Smg weekend nnti sempat nntn..
    Uhui buat yg komen sblm aku knp g kolaborasi aja bikin sinopsis sebuah drama..biar lbh ringan apapun itu yg penting bagus..wkwk..pembaca mah iya..ngarepnya banyak😅

    1. kdramastory says

      Aku nonton dua-duanya. My Golden Life udh nonton juga. Cuma masih liat sikon dulu. Mana yg lebih aku suka… Cobain aja dulu… Nanti aku coba bikin review juga deh My Golden Life… Tapi krn udh agak lama, sampe lupa mo komen apa… wkwkwkw… Itu Dira bikin review Golden Life lengkap bgd…

  3. dira says

    Dejavu banget sama sp karena cowoknya dibilangin mesum sejak pertama ketemu. cowoknya jg sama sama ketangkep sama cewek lain. Halah…
    So sweet sih roo ri sama ayahnya cinta pertama hihi. Tp emang drama itu sesuai selera ya. Dan setahu saya yg my golden life itu jadwal tayangnya lbh awal deh mbak jam 8.an apa ya. Kalau yg lain start jam 9. Makanya bs tinggi as always lol. Bs dikoreksi mungkin saya yg salah.^^

    1. kdramastory says

      Yup… Dira bener… beda jam tayang. Yg My Golden Life jam 8 dan Man Who Sets The Table jam 9. Bisa jadi juga karena faktor jam tayang yg beda ya. Harusnya mah g usah dibandingkan ratingnya… Ga sesuai… 🙂

Leave A Reply

Your email address will not be published.