Sinopsis Goblin Episode 12 Part 3

5

— All images credit dan content copyright : tvN —

[Sinopsis Goblin Episode 12 Part 2]

 

Kdramastory – Sinopsis Goblin Episode 12 Part 3

Ketika Sunny sedang membersihkan make up-nya, tiba-tiba ponselnya berdering. Telpon dari Kim Woo Bin.

Sunny terlihat senang tapi ketika Wang Yeo mengajaknya bertemu, ia pura-pura menolak, mengatakan, “Kau bilang kita putus…”.

Tapi begitu Wang Yeo bilang, ia ada di depan rumah, cepat-cepat Sunny meminta Wang Yeo tetap di sana dan ia akan keluar.

Sunny berlari kecil menemui Wang Yeo yang terlihat masih sedih. Meskipun senang Wang Yeo mau menemuinya tapi di depan Wang Yeo, Sunny masih jual mahal. Memberi alasan berbagai kenapa ia mau menemui Wang Yeo. Pura-pura kesal karena Wang Yeo datang ke rumah jadi ia terpaksa menemui Wang Yeo tidak bermake up, lalu karena ia harus meminta kembali cincinnya itu…

Melihat Wang Yeo hanya diam saja, Sunny bertanya kenapa. “Bukankah kau menemuiku karena kau merindukanku?”.

“Ya. Benar… hanya saja aku khawatir aku mungkin seseorang. Oleh sebab itulah aku mundur…”, jawab Wang Yeo lesu. Wang Yeo berharap, ia mengambil keputusan yang tepat. Ia tidak hidup, oleh sebab itulah ia tidak mempunyai nama. Namun ia sangat berterima kasih karena Sunny pernah menanyakannya.

Sunny terlihat mulai cemas. Ia meminta Wang Yeo tidak seperti itu.

Lalu wang Yeo mengatakan, ciuman malaikat pencabut nyawa akan membawa kembali ingatan masa lalu seseorang. Ia sangat takut kalau ia ada di dalam ingatan masa lalunya Sunny namun ia berharap, yang diingat oleh Sunny hanya kenangan yang indah saja. Dan ia berharap, sebagian dari kenangan yang indah itu adalah kenangan Sunny tentang kakaknya. Dan ia berharap orang tersebut adalah Kim Shin…

Lalu Wang Yeo pun mencium Sunny…. dan flashback kenangan di kehidupan yang lalu Sunny muncul…

=== Flashback ===

Sunny teringat seorang pria yang melihatnya dari balik dinding pagar saat ia sedang belajar berjalan dengan mangkuk di kedua pundaknya.

Lalu ingatan ketika Raja menolongnya saat ia hampir saja terjatuh ketika akan menjumpai Raja.

Lalu ingatan tentang pertengkarannya dengan Raja. Saat itu, Raja memberitahukan bahwa kakaknya kembali dengan kemenangan lagi dari medan perang. Saat itu Raja memintanya memilih antara Raja dan Kim Shin. Siapa di antara mereka yang ia inginkan hidup?

Karena ia hanya diam, Raja menjadi salah paham. “Benar. Siapa pun yang hidup di antara kami, tidak ada ruginya bagimu…”.

“Kau bodoh sekali, Yang Mulia…”.

Perkataannya itu membuat Raja sangat marah. Ia melihat Ratu sudah memakai pakaian berkabung dan ia meminta dayang membawakan kotak perhiasan.

Raja membuang kotak itu ke lantai sampai isinya berhamburan keluar. “Kenapa kau tidak memakainya?! Aku memberikannya untukmu bukan untuk disimpan di dalam kotak!!!”.

Raja lalu mengatakan, kalau ia tidak tahu yang mana musuhnya. Orang barbar itu ataukah kakak Ratu.

“Park Joong Won adalah musuhmu…”, sahut Ratu dengan cepat.

Raja sangat marah. Mengambil salah satu perhiasan. Dan yang diambilnya itu adalah cincin hijau itu. “Orang yang tidak bisa dibunuh oleh orang barbar itu, aku akan membunuhnya hari ini!”, tekad Raja.

Ratu sangat terkejut. Raja mengatakan, kejahatan Kim Shin adalah melakukan pengkhianatan.

Raja memaksa memakaikan cincin hijau itu di jari Ratu. Sekuat tenaga ia membuka jari-jari Ratu yang tergenggam erat-erat. “Pakai ini dan sapa dia sebagai Ratuku!”, paksa Raja.

Ratu hanya bisa menangis…

Sekarang ia berubah menjadi Ratu dewasa dalam wajah Sunny dan Raja berubah dalam wajah Wang Yeo dewasa.

Wang Yeo menanyakan, dipihak siapa Ratu berada. Pernahkan ratu berada di pihaknya? Sekali saja, pernahkan Ratu peduli padanya? Dalam satu detik saja, pernahkah Ratu mencintanya?

Ratu menjawabnya dengan tamparan.

“Jangan berpihak padanya. Itu satu-satunya cara kau bisa menyelamatkan nyawamu… Kau harus membuat keputusan. Hidup sebagai wanitaku atau mati sebagai adik pengkhianat”.

“Wanita yang mencintaimu adalah adik pengkhianat…”, sahut Ratu.

Begitulah bagaimana Ratu bisa mati dengan memakai cincin itu…

=== Flashback End ===

Suuny tidak mengerti apa yang dilihatnya tadi. Wang Yeo mengatakan, itu ingatan kehidupan Sunny sebelumnya. Sunny mulai menangis.

Wang Yeo menanyakan apakah Kim Shin ada di dalam ingatan itu. Sunny menganggukkan kepalanya. Wang Yeo menanyakan lagi, apakah ia juga ada di sana. Lagi-lagi, Sunny menganggukkan kepalanya. Air matanya mengalir lebih deras lagi…

Wang Yeo meminta Sunny menatap matanya. Lalu ia pun memberi sugesti pada Sunny supaya hanya mengingat kenangan yang indah saja dan melupakan kenangan yang menyedihkan, baik di masa lalu maupun sekarang. “Dan juga lupakan aku…”. 😭😭😭😭

Wang Yeo menangis. Menyentuh pipi Sunny. “Aku berharap, paling tidak kau mempunyai happy ending…”. Duhhhh… sedihhh OST-nya juga bikin sedihhhhh… 😭😭😭😭

Kemudian Wang Yeo pun pergi meninggalkan Sunny. Sunny merasakan sakit di dadanya. Entah kenapa ia menangis lebih keras lagi sampai tidak kuasa untuk berdiri…

Sinopsis Goblin Episode 12 Part 3

Pag hari, ketika Sunny baru saja membuka restorannya, Kim Shin datang. Sikap Sunny seperti biasa, seolah tidak begitu menyukai kehadiran Kim Shin. Seolah kejadian menyedihkan semalam sama sekali tidak berpengaruh padanya.

Kim Shin mengatakan, ia datang untuk membayar hutang ubi panggang waktu itu. Sunny menolak pemberian Kim Shin dan mengatakan itu traktiran darinya.

Kim Shin mengikuti Sunny yang masuk ke dalam restoran sambil terus mengulurkan uang pada Sunny.

Tiba-tiab Sunny bertanya, apakah benar Raja mengatakan ia itu jelek. Kim Shin terdiam.

Lalu Sunny mengatakan kenapa Kim Shin tidak pernah membalas suratnya walaupun terus berada di medan perang.

Kim Shin sangat terkejut. Sunny meminta maaf karena membutuhkan waktu lama untuk mengenali Kim Shin. “Aku berjanji akan bahagia, aku tidak bisa menepatinya…”, ucap Sunny, mulai menangis.

Sunny meminta maaf lalu memeluk Kim Shin. Sunny menangis, begitu juga dengan Kim Shin. Sunny mengatakan, ia berterima kasih atas buah persik, sepatu dan kain sutra itu.

Kim Shin semakin menangis. Menepuk-nepuk punggung Sunny. Setelah melepaskan Kim Shin, Sunny meminta Kim Shin lebih sering datang menemuinya mulai sekarang.

Kim Shin menganggukkan kepalanya dan tersenyum pada Sunny.

Wang Yeo menatap kartu nama lagi. Kartu nama siapa ya itu? Kayaknya kartu nama Joong Won deh. Soalnya ada dokumen lain di depan Wang Yeo. Mungkin Wang Yeo harus membuat laporan tentang jiwa yang tersesat…

Tiba-tiba pintu kamarnya diketuk. Ternyata Duk Hwa ingin Wang Yeo membantunya mengerjakan sesuatu. Dan ternyata Duk Hwa ingin diajarkan bermain baduk.

Wang Yeo bermain dengan pikiran seperti berada di tempat lain. Ia tiba-tiba menekan dadanya, mengatakan ada sesuatu yang mengganggunya.

Duk Hwa berpikir Wang Yeo bertengkar lagi dengan Kim Shin, tapi Wang Yeo bilang bukan. Sejak saat itu, bahkan sebelum itu, terus terjadi.

Ketika Duk Hwa bertanya sejak kapan, Wang Yeo teringat hari ia merasakan rasa sakit di dadanya adalah hari pertemuannya dengan Sunny .

Duk Hwa bilang itu bukan karena Kim Shin. Hari itu mereka ada di kuil. Hari itu Kim Shin melepaskan lampion dan Kim Shin selalu melakukannya sekali dalam setahun. “Dia melakukannya untuk mengingat orang-orang yang berjasa dalam hidupnya…”.

Duk Hwa mengatakan lagi, ada dua karakter di nama mereka. “Kim Sun dan Wang… apalah… Dalam karakter cina…”.

Duk Hwa menanyakan sesuatu tentang langkah yang ia mainkan dan Wang Yeo mengatakan, batu yang dikejar. Mian… ga ngerti maksudnya..

Eun Tak diganggu oleh hantu perempuan itu lagi. Hantu perempuan itu awalnya hanya memanggil saja, tapi karena diacuhkan, kemudian ia berteriak di depan Eun Tak dan juga menjatuhkan buku yang sedang dibawa Eun Tak.

Eun Tak tetap tidak menggubrisnya sama sekali. Jadi si hantu itu menyimpulkan bahwa Eun Tak benar-benar tidak bisa melihatnya.

Eun Tak kemudian dijemput oleh Kim Shin. Tapi di dalam perjalanan, Eun Tak hanya diam saja. Sampai-sampai Kim Shin yang bicara lebih dulu. Mengatakan kalau dia juga senang menjemput Eun Tak di kampus.

Eun Tak baru sadar dan mengatakan kalau ia senang dijemput Kim Shin. Tapi dengan nada tidak bersemangat. Eun Tak mengatakan, ia sedang memikirkan sesuatu.

Lalu Eun Tak bertanya apakah ada sesuatu yang baik terjadi karena Kim Shin terlihat seperti itu.

Kim Shin tersenyum, mengatakan kalau perlu waktu lama buat Eun Tak untuk menanyakan itu. Kim Shin mengatakan, adiknya, Sun-nya sudah mengingatnya.

Eun Tak ikut merasakan senang mendengar kabar baik itu tapi ia penasaran bagaimana Sunny bisa mengingatnya.

Kim Shin juga baru menyadari ia tidak terpikirkan bagaimana Sunny bisa tahu.

Eun Tak tiba-tiba teringat sesuatu dan meminta Kim Shin menepikan mobil.

Kemudian, setelah mereka berhenti, Eun Tak pun mulai bicara dengan serius. Meminta Kim Shin mendengarkannya baik-baik dan tidak marah. Ia tahu Kim Shin adalah orang yang lebih besar dari yang ia bayangkan.

Kim Shin menanyakan apa yang dibicarakan Eun Tak.

“Aku bertemu dengan seseorang yang sudah mati. Aku rasa orang itu adalah Park Joong Won…”. Ketika Kim Shin bertanya bagaimana Eun tak bisa tahu tentang Park Joong Won, Eun Tak meminta maaf karena tidak sengaja menguping saat Kim Shin berbicara dengan Wang Yeo.

Awalnya ia berpikir Joong Won hanya hantu jahat biasa tapi ia tidak bisa menebak apa yang dikejar oleh Joong Won. Ia merasa hal-hal aneh yang terjadi di sekitarnya ada kaitannya dengan Joong Won. Bisa jadi Sunny mengingat Kim Shin karena Joong Won juga.

Kim Shin berterima kasih karena Eun Tak mau bercerita padanya. Ia akan mengantarkan Eun Tak pulang dan meminta Eun Tak tinggal di dalam rumah dan tidak kemanmana karena di saat ini rumahnya adalah tempat teraman.

Eun Tak mengiyakan…

Sinopsis Goblin Episode 12 Part 3

Kim Shin berdiri di atas sebuah gedung yang sangat tinggi. Mengawasi sekitarnya. Seperti menunggu seseorang…

Lalu ia memergoki Joong Won yang sedang mengikuti seorang pria yang mabuk. Karena Joong Won terlalu fokus pada pria itu, ia tidak tahu sedang didekati oleh Kim Shin dan Kim Shin berhasil mencekik lehernya. Menekannya ke dinding, sementara di tangan yang kanan memegang pedangnya.

Dengan nafas yang terdesak, Joong Won berusaha bicara. Ia merasa usahanya selama ini sia-sia. Ia sudah berhasil menghindari Kim Shin selama 900 tahun tapi kini tertangkap oleh Kim Shin.

“Jangan khawatir. Aku akan menghabisimu dengan cepat tapi aku ingin tahu kenapa kau muncul setelah bersembunyi selama 900 tahun”.

Joong Won menyesali Kim Shin yang tidak bisa melihat lebih jauh lagi karena Kim Shin hanyalah seorang prajurit. Kim Shin tidak tahu bahwa selama ini Kim Shin tinggal bersama musuhnya. “Dengan senang hati aku akan memberitahumu…”.

Kim Shin mengatai lidah Joong Won yang masih sama seperti 900 tahun yang lalu. “Aku akan memotong lidahmu lebih dulu lalu mencincang tubuhmu”.

Joong Won tidak takut. Ia malah menyeringai senang. Tidak peduli meskipun Kim Shin mengatakan akan melakukannya sekarang juga.

Pedang Kim Shin berubah menjadi berwarna biru saat Kim Shin menebaskan pedangnya di tubuh Joong Won. Tapi pedang itu seperti hanya mengenai udara kosong saja.

Joong Won baik-baik saja. Kim Shin terkejut. Dan Joong Won mengatakan, Kim Shin tidak bisa melukainya dengan pedang itu. Lalu Joong Won pun menghilang.

Kim Shin menoleh. Melihat Joong Won berdiri tak jauh darinya. “Apakah dengan menjadi goblin membuatmu merasa seperti yang mahakuasa?”, ucapnya sambil menyeringai sangat senang.

“Aku akan membunuhmu apa pun yang terjadi. Jangan khawatir…”, ucap Kim Shin sambil berjalan mendekati Joong Won.

Seringai Joong Won menghilang. Tiba-tiba ia menoleh pada pria mabuk yang setengah sadar yang berada tidak jauh darinya, Pria itu serta merta terjaga seperti berada di bawah kendali Joong Won. Ia juga memainkan lidahnya, persis seperti yang dilakukan Joong Won.

Kim Shin menurunkan pedangnya dan entah kenapa pria itu tiba-tiba jatuh. Entah karena Kim Shin atau karena Joong Won.

Joong Won mengatakan perasaan kerinduan akan membuat kematian seseorang menjadi tidak berarti. “Selama 20 tahun kau menghabiskan waktu membusuk, Yeo tumbuh menjadi berkuasa diluar pengakuanmu…”.

“Kalau kau menyebutkan nama itu sekali lagi…”.

Ancaman Kim Shin itu terputus karena Joong Won menanyakan apakah Kim Shin tahu siapa malaikat pencabut nyawa yang ada di sisi Kim Shin selama ini. “Dia adalah orang yang memberimu pedang itu dan orang yang meusuk jantungmu dengan pedang itu… Orang itu adalah Wang Yeo…”.

Kim Shin sama sekali tidak bisa mempercayai pendengarannnya.

Joong Won belum selesai mempengaruhi Kim Shin. “Dan sekarang, adikmu yang bodoh jatuh cinta lagi padanya… Aku kasihan padamu… Kau tidak bisa membalas dendammu…”.

Ucapan Joong Won itu benar-benar membuat Kim Shin menyadari sesuatu. Ia baru menyadari kenapa saat itu Wang Yeo mengatakan, ia tidak ingat siapa wanita yang ada di dalam lukisan tapi entah kenapa hatinya terasa sakit saat melihatnya.

Kim Shin teringat ketika ia melihat wajah raja muda itu di dalam wajahnya Wang Yeo meskipun cuma sesaat. Ia teringat ketika Wang Yeo bertanya apakah ia pernah melihat cincin hijau itu dan sekarang ia baru ingat, cincin itu adalah cincin yang dikenakan adiknya saat dipanah dulu…

Kim Shin benar-benar syok. Tanpa rasa bersalah, Joong Won menghilang begitu saja…

Kim Shin yang marah langsung pergi mencari Wang Yeo. Ia pergi ke ruang kerja Wang Yeo. Wang Yeo tidak ada di sana. Lalu ia kembali ke rumah dan mengecek kamar Wang Yeo. Wang Yeo juga tidak ada di sana.

Kim Shin terlihat semakin marah.

Ternyata orang yang dicari Kim Shin sedang berada di kuil. Sedang menatap papan nama yang bertuliskan namanya dan nama Kim Sun di atas meja altar.

Kim Shin tiba-tiba muncul begitu saja di dalam restorannya Sunny. Membuat Sunny terkejut. Ia menanyakan tentang Wang Yeo. Apakah si malaikat maut itu ada di dalam ingatan Sunny di kehidupan yang lalu.

Sunny tidak menjawab pertanyaan Kim Shin. Bahkan ia terlihat sedikit marah karena Kim Shin datang begitu saja di restorannya. “Apa kau pikir aku benar-benar Kim Sun mentang-mentang aku mengingat kehidupanku sebelumnya?”.

Melihat Kim Shin begitu serius, Sunny tiba-tiba mengatakan akan pulang ke rumah tapi Kim Shin menahannya, mengulang lagi pertanyaannya kali ini dengan nada lebih tegas.

Melihat Sunny diam saja, Kim Shin menyadari, ternyata di kehidupan sekarang pun Sunny masih melindungi si bodoh itu.

Kim Shin terlihat sangat kecewa. Ia lalu pergi, menghilang begitu saja.

Sementara itu, Wang Yeo sedang berdiri di pelataran atas. Ia bertanya-tanya di dalam hati, apakah ia benar-benar Wang Yeo? Perasaan tanpa kenangan apakah hukuman yang sengaja ia berikan untuk dirinya sendiri sehingga ia tidak pernah melupakan siapa dirinya?

Kim Shin berjalan mendekati Wang Yeo. Menaiki anak tangga mirip seperti di masa lalu…

“Seperti yang diperkirakan, sepertinya aku adalah kenangan terburuk… Padamu juga pada Kim Shin. Pada kalian berdua…”.

“Kau bisa mendengarkanku, kan?”, tanya Kim Shin, tapi di dalam hatinya karena ia yakin Wang Yeo juga bisa mendengarkan suara hatinya. “Aku bisa mendengarkan suara hatimu dengan jelas sekali…”, ucap Kim Shin tapi tidak dalam hati lagi.

Kim Shin terus mendekati Wang Yeo sementara Wang Yeo hanya berdiri mematung di tempatnya. Cara Kim Shin mendekati Wang Yeo, persis sama seperti dulu waktu Kim Shin mencoba mendekati raja muda dan kemudian ditebas. Bedanya, kali ini tidak seorang pun yang menghalangi Kim Shin. Wang Yeo hanya seorang diri saja. Bahkan tanpa ingatannya… 😭😭😭😭 Duh kok tragis banged ya????

Begitu tiba di depan Wang Yeo, Kim Shin langsung mencekik Wang Yeo. “Prajurit Kim Shin memberi salam pada Yang Mulia…”.

Bersambung…

 

Komentar :

Sy ga tahu apa Wang Yeo benar-benar berhasil memberi sugesti pada Sunny atau tidak. Soalnya setelah Wang Yeo pergi, Sunny menangis lebih keras lagi dan juga waktu Kim Shin bertanya tentang Wang Yeo, Sunny tetap diam saja… Apa mungkin Sunny diam karena dia sebenarnya ga ingat lagi… Duhhhh… Bingung. Soalnya keliatannya Sunny masih ingat sih… 😁😁😁😁😁

Episode ini terasa berbeda dengan episode-episode sebelumnya… Terasa lebih sedih dan menyakitkan. Dulu, sy pikir nasib Kim Shin yang menyedihkan. Hidup abadi selama 900 tahun hanya untuk menunggu munculnya pengantinnya. Dan selama itu pun ia melihat orang-orang yang dicintainya meninggal dan terus merasa kesepian. Tapi, kalau dipikir-pikir, nasib Wang Yeo lebih menyedihkan lagi. Lebih tragis lagi. Takdirnya kembali menyukai orang yang sama yang tidak mungkin bisa bersama.

Kasihan liat Wang Yeo yang bisa merasakan tapi tidak tahu apa yang membuatnya begitu sedih. Ia tidak tahu siapa dirinya. Mungkin benar seperti kata Wang Yeo, ia sengaja memilih menghukum diri sendiri dengan melupakan kenangan kehidupan sebelumnya tetapi tetap mengingat perasaannya.

Khawatir lihat Wang Yeo begitu pasrah didekati oleh Kim Shin yang sedang dipenuhi dengan amarah. Ia sama sekali tidak tahu apa kesalahannya di masa lalu dan hanya diam, pasrah didekati dan dicekik oleh Kim Shin. Duhh ga tega liatnya… 😭😭😭😭😭

Di ending episode ini, entah itu preview ataukah epilog, sy ga tahu. Wang Yeo yang dewasa terlihat seperti orang gila. Rambutnya berantakan dan tatapannya terlihat kosong. Ia memeluk baju Kim Sun yang ada noda darahnya. Sepertinya, setelah kematian Kim Sun, Wang Yeo benar-benar menyesal… Joong Won ga keliatan lagi. Apa ini terjadi setelah Kim Shin membunuh Joong Won? Atau sebelumnya?

Mungkin karena perasaan menyesalnya itu dan ingatan yang menyakitkannya itu, ia meminta dihapuskan ingatannya itu…

Sy bertanya-tanya, apa sebenarnya maksud Yang Mahakuasa mengatakan bahwa ia memberikan takdir sebagai pertanyaan dan mereka harus menjawabnya. Kira-kira jawaban seperti apa yang diinginkan oleh Yang Mahakuasa? Apakah Ia ingin Kim Shin dan Wang Yeo berbaikan kembali? Apakah Ia ingin mereka tidak saling salah paham lagi?

Seperti yang dikatakan Joong Won, ia muncul karena menginginkan kematian Kim Shin dan Wang Yeo. Oleh sebab itulah dia menemui Eun Tak, si malaikat maut yang perempuan dan juga Kim Shin. Ia ingin menghasut mereka dan membuat Kim Shin marah pada Wang Yeo. Tapi kenapa ia tidak menemui Wang Yeo? Atau memang belum ya? Padahal dulu kan dia itu dekatnya sama Wang Yeo…

Ih, jahat banged Joong Won. Evil!!! 😡😡😡😡

[Sinopsis Goblin Episode 13 Part 1]

You might also like More from author

5 Comments

  1. Nurhasanah says

    Oh….maksyd saya gini mbak…
    20 tahun shin membusuk itu bukan 20 tahun seblum ini….tapi 20 tahun setelah kebangkitan shin di goryeo….saya jg masih bingung.apa stlh diletakkan di padang soba itu,kapchagiya….dia langsung dibangkitin trus mmbnuh jong won….atau 20 tahun kemudian dia baru dibangkitin….cz d awal episode stlh mmbunuh jong won….singgasana sepi tuh gk ada wang yeo.dn waktu tiba di kamar sun(menurut saya)…shin juga bilang,maafkan karena aku saaangat terlambat, gitu…dn kita melihat disitu buanyak bgt lukisan,yg ternyata baru di episode 11 dikasik tau(kalo gk salah), kalau lukisan itu adalah lukisan ratu dalam pandangan wang yeo….gitu….
    Jadi mngkin stlh dibangkitin,shin kan naik kapal tuh sama pelayannya….dn dia tidak tau….jadi macam apa wang yeo sepeninggalnya…
    Iya yah….berarti umurnya wang yeo baru 300 yah…tp kalo inget 49 days.malaikat maut juga punya batas waktu kayak arwah penasaran itu mbak….jd kalo ingatannya kembali dn dia menuntaskan urusan yg bikin dia stag itu,biasanya dia punya dua pilihan,….musnah….atau dilahirkan kembali…..
    Wuah…..jd banyak angan angan yah nonton drama ini….entahlah…saya sangat berharap,bukan eun tak sama shin saja yg happy ending,tapi yeo dn sun juga….
    Biar gak galau melepas drama ini 2 minggu lagi….dn move on…..
    Hik hik hik….

  2. Tina says

    Ini cm 16 ep y tho? walah..oke lah mendekati ending makanya byk sedih2nya..aih evilnya datang lagi..btw dia emng msh hidup ato itu hanya arwahnya y..
    Part 3 nya penuh air mata😭😭😭

    1. kdramastory says

      Iya mb… 16 ep dan tinggal 4x lagi… Entah apa yang bikin sedih. Karena Wang Yeo kah? Ato karena ga bisa lagi liat Kim Shin 2 minggu lagi? 🙁

      Harus cari drama lain biar bisa move on…

  3. Nurhasanah says

    Yg ada di meja wang yeo itu kalo gk salah nama eun tak lagi bak dian….banyak yg bilang gitu sih….
    Sepertinya saya baru sadar clue yg diberikan chakkanim stlh nonton epilog or preview di akhir….
    Coba kita inget lagi…gk dulu gk sekarang kesalahan wang yeo cuman satu ; “cemburu”
    Baik ketika dia jd raja ato ktk dia jd sajha…dia berusaha pengen seperti kim shin.makanya jung won bilang…selama 20 tahun shin membusuk…wang yeo begitu hebat.maksudnya,dia jd ksatria yg menggantikan shin utk menghabisi musuh musuhnya.dia ingin mendapat pengakuan,dn dielu elukan rakyatnya sprt mereka mengelukan shin.tapi yg paling penting sebenarnya dia berusaha agar sun mau melihatnya….pdhl orang yg ia maksud, sudah mati ditangannya sendiri…liat bagaimana kosongnya pandangan wang yeo dewasa….
    Ketika menjadi sajha…wang yeo juga masih saja niru niru gaya shin…cara berjalan shin yg cool,cara shin senyum, bahkan terakhir,waktu nunggu sun,gayanya kayak shin….nunggu eun tak…
    Nasib wang yeo mmg tragis…bikin miris.saya berharap bromance dua orang ini akan happy ending….hik hik hik.sebenarnya keduanya sungguh salah paham atas keberadaan satu orang,yaitu sun….
    Kayaknya scene dia meluk baju ratu itu terjadi setelah jong won dibunuh shin mbak….dn kalo gk salah yeo jg bilang,mungkin baju inilah yg paling diinginkan oleh sun,makanya dia membakrnya….bukannya kali dlm kepercayaan mereka ,memberikan sesuatu utk orang yg meninggal itu adl dg di bakar.mngkn dia berharap sun akan mmkainya di alam baka gitu…
    Lah saya malah nebak nebak yah.btw sabar yah bak dian.jadi puanjang bgt (hehehe,perasaan komen saya gk prnh pendek)….😁
    Kamsahamnida….jeongmal.
    Himneseyo!!!!!! Udah tinggal 4 episode lagi,hik hk hik
    😢😢😢

    1. kdramastory says

      Thank you mb…

      Bener juga kata mb. Wang Yeo memang cemburu sama Kim Shin. Eh, kayaknya lebih tepatnya iri ya? Tadinya ga ngerti maksud Joong Won bilang gitu. Dan sy juga g ngerti kenapa dia bilang selama 20 tahun. Sebelum-sebelumnya kemana Wang Yeo ini? Kalo 20 tahun menjadi patokan, berarti itu sewaktu Eun Tak akan lahir…

      Trus juga yang menjadi pertanyaan sy, kalau Wang Yeo menjadi malaikat maut 300 tahun yg lalu, trus kemana Wang Yeo 600 tahun yang lalu? Soalnya umur Kim Shin kan 900 tahun…

      Masih banyak misteri dan semakin bikin penasaran. Senang tinggal 4 episode lagi, artinya sebentar lagi kita bakal mendapatkan jawaban dari semua pertanyaan kita. Tapi sedih juga, itu artinya Goblin tamat. Dan itu artinya GA BISA LIAT KIM SHIN LAGI… Ga tahu harus sedih ato harus senang…

      🙁

Leave A Reply

Your email address will not be published.